Find Us On Social Media :

Kepala Pusat Data dan Humas BNPB: Ada Potensi Terjadinya Erupsi yang Lebih Besar di Gunung Agung

By Moh Habib Asyhad, Selasa, 28 November 2017 | 15:20 WIB

Ada potensi letusan lebih besar di Gunung Agung

Intisari-Online.com - Berkaca pada aktivitas vulkanik yang terus meningkat, Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho menyebut ada potensi terjadinya erupsi yang lebih besar di Gunung Agung.

“Erupsi magmatik ini terus mengeluarkan asap dan abu berwarna kelabu dengan intensitas sedang, dengan ketinggian kolom abu vulkanik sekitar 2.500–3.000 meter di atas puncak kawah,” kata Sutopo dikutip dari akun Twitter BNPB_Indonesia, Selasa (28/11).

(Baca juga: Gunung Agung Masuk Tahap Kritis, Bali Mendadak Tegang)

(Baca juga: Erupsi Gunung Agung: Apakah Debu Letusan Gunung Berapi Berbahaya Bagi Pesawat Terbang?)

Menurut Sutopo, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) juga melaporkan perkembangan aktivitas vulkanik yang sama. Dengan kondisi tersebut, peluang terjadinya erupsi yang lebih besar menjadi semakin meningkat.

“Namun demikian tidak dapat dipastikan seberapa besar intensitasnya,” ujarnya.

Sutopo juga mengakui, sulitnya melakukan estimasi karakter erupsi Gunung Agung dibanding gunung lainnya karena tidak adanya data instrumental sebagai pembanding dengan erupsi sebelumnya.

Saat ini, kata Sutopo, berdasarkan hasil analisis citra satelit Himawari dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) abu vulkanik menyebar ke arah barat daya.

“Tertarik oleh siklon tropis Cempaka yang saat ini berada di Samudera Hindia di selatan Yogyakarta. Adanya pusat tekanan rendah ini menyebabkan abu vulkanik mengikuti gerak dari siklon tropis. Dampak langsung sebaran abu adalah terganggunya keselamatan penerbangan," tutur Sutopo.

Kita tahu, status Gunung Agung naik dari Siaga (level 3) menjadi Awas (level 4), terhitung sejak Senin (27/11), pukul 06.00 Wita.

Ada lebih dari 40 ribu warga desa di sekitar Gunung Agung yang telah mengungsi sejak Sabtu (25/11) malam.