Find Us On Social Media :

Kisah ‘James Bond-nya CIA’: Saat Kepala Seorang Teroris Ingin Dibarter dengan Informasi Negara

By Ade Sulaeman, Jumat, 24 November 2017 | 13:30 WIB

Duanne R. Clarridge

Intisari-Online.com - Julukan tersebut diberikan kepada Duane R. Clarridge atas sepak terjang, prestasi, dan kepiawaiannya sebagai perwira CIA memimpin berbagai operasi intelijen di seluruh dunia. Dari Kathmandu ke Kuwait, Baghdad sampai Managua, atau saat bermain mata dengan KGB dan tersandung Skandal Iran-Contra.

Benar tidaknya julukan itu terjawab dalam buku A Spy of All Seasons, yang ditulisnya setelah 33 tahun bertugas di Badan Intelijen Pusat AS tersebut.

--

(Baca juga: Menguak Misteri Sekolah Intelijen, Tempat Para Calon ‘James Bond’ Indonesia Ditempa Secara Rahasia)

Lelaki tampan dan ramah ini adalah perwira intelijen tertinggi Amerika Serikat yang secara  langsung terlibat dalam berbagai operasi rahasia di seluruh dunia. Kariernya dimulai ketika Central Intelligence Agency (CIA) bertandang ke Columbia, guna merekrut calon anggota korps intelijen internasional yang baru saja dibentuk.

Bagi Dewey begitu panggilan akrab Duane Ramsdell Clarridge (65), kesempatan itu merupakan tantangan yang menjanjikan berbagai petualangan menarik serta bisa  menerapkan pengetahuan yang dipelajari di bangku kuliah.

Ibarat kail mendapatkan ikan, apa yang diminati Dewey klop dengan yang diinginkan CIA. Kecocokan itulah yang kemudian diterjemahkan Dewey selama 33, tahun malang melintang sebagai agen CIA yang andal dalam mencuri informasi rahasia, menyulut peperangan, mendukung kekuatan-kekuatan demokrasi, memerangi aksi terorisme, menyelamatkan nyawa, dan mempengaruhi langkah kebijakan luar negeri AS.

Peran yang dimainkannya dalam setiap operasi intelijen amat beragam. la pernah menyusup ke Irak secara rahasia untuk membujuk Presiden Saddam Hussein menyerahkan seorang teroris buruannya, meski kemudian gagal.

Tergambar pula kepiawaian, ketekunan, dan kesabarannya ketika merekrut seorang agen dari negara Eropa Timur menjadi informan CIA. Sampai pada akhirnya dengan penuh tanggung jawab Dewey menghadapi kenyataan pahit, diadili atas tuduhan terlibat dalam Skandal Iran-Contra.

Panggilan hidup

Bisa jadi karena pengaruh kehidupan intelektual kedua orangtua saya yang dokter gigi, Duane Herbert Clarridge dan Alice Scott Ramsdell, sejak kecil  saya sudah tertarik pada masalah-masalah politik.

Lahir pada tanggal 16 April 1932 di Nashua, New Hampshire, masa remajaku berjalan cukup, menyenangkan. Masa itu perang dingin antara AS dengan Uni Sovyet dan negara-negara komunis sudah cukup menarik perhatian kaum muda.