Find Us On Social Media :

Tamasya Ke Bukit Geger, Awal Mula Pulau Madura

By Yoyok Prima Maulana, Jumat, 10 November 2017 | 20:30 WIB

Bukit Geger, Awal Mula Madura

Intisari-Online.com - Ke Bangkalan jangan lupa mampir ke bukit ini. Meski sulit ditemukan karena petunjuknya yang kurang lengkap namun Anda tak akan menyesal.

Dari jalan raya Bangkalan - Pamekasan memang ada petunjuk arah ke Bukit Geger, yakni ke kiri kalau kita berangkat dari Bangkalan. Namun begitu masuk ke jalan yang muat dua mobil, petunjuknya lenyap.

Kita pun harus rajin bertanya-tanya jika tak mau terlewat. Patokannya adalah masjid besar di kiri jalan dari pertigaan jalan raya Bangkalan - Pamekasan tadi.

Di depan masjid ada jalan beraspal kecil yang muat satu mobil. Menanjak sebelum sampai akhirnya tiba di tempat parkir objek wisata Bukit Geger.

Ya, menanjak sebab bukit ini termasuk bukit tertinggi di Madura, meski hanya berkisar di angka 200-an mdpl.

BACA JUGA: Siapa Sangka Jika Hotel Terbaik Dunia Ada di Indonesia

Dari tempat parkir masih harus menapak sekitar 180 anak tangga sebelum akhirnya sampai ke objek wisata Bukit Geger. Ada beberapa petilasan dan gua di sini. Juga tempat berkemah.

Bukit Geger dikenal oleh masyarakat Madura sebagai tempat awal mula dari Pulau Madura. Orang pertama yang menempati bukit ini adalah Ki Poleng dan Potre Koneng (Putri Kuning) yang di usir dari Kerajaan Medangkawulan.

Awal mula Madura adalah pulau yang terpecah-pecah sehingga merupakan beberapa puncak-puncak tanah yang tinggi (yang sekarang menjadi puncaknya bukit-bukit di Madura) dan beberapa tanah datar yang rendah.

Apabila air laut surut dataran rendah ini kelihatan dan apabila air laut pasang tidak kelihatan (ada di bawah air). Puncaknya-puncak yang terlihat adalah Bukit Geger di daerah Kabupaten Bangkalan dan Pegunungan Pajudan di daerah Kabupaten Sumenep.

BACA JUGA: Presenter Cantik Ini Bertingkah Aneh, Tiba Tiba Membuka Rok Di Hadapan Penonton, Tak Tahunya....

Menapaki Bukit Geger bayangan Madura yang gersang akan sirna. Bukit ini ditumbuhi bermacam-macam tanaman.