Find Us On Social Media :

Bersiap Lawan AS di Laut China Selatan, Militer China Genjot Produksi Jet-Jet Tempur Silumannya

By Ade Sulaeman, Sabtu, 4 November 2017 | 12:30 WIB

Intisari-Online.com - Agar selalu siap menghadapi peperangan melawan AS, upaya militer China, khususnya kekuatan udaranya, People Liberation Army Air Force (PLAAF) untuk meraih superioritas udara di kawasan Pasifik dan Timur Jauh terus digenjot.

Fokus utama PLAAF adalah dalam memproduksi beragam pesawat tempur berteknologi siluman (stealth).

China yang sedang mengincar perairan di Laut China Selatan (LCS) rupanya makin menyiapkan diri untuk menghadapi para rivalnya seperti Jepang, AS, Rusia, dan India yang sama-sama memiliki program pengembangan pesawat tempur siluman.

Lewat berbagai pernyataan politiknya, Pusat Pemerintah China di Beijing bahkan siap menghadapi kekuatan militer dari negara mana pun yang berniat menghalangi hegemoninya atas perairan LCS.

(Baca juga: Indonesia Ingin ‘Borong’ Sukhoi: Terkait Perubahan Nama Laut China Selatan Jadi Laut Natuna Utara?)

Beijing juga menegaskan tidak akan mengakui keputusan Pengadilan Arbitrase Internasional di Den Haag yang menyatakan bahwa klaim China atas LCS melanggar hukum laut internasional.

Sikap keras kepala China itu mengindikasinya bahwa kekuatan militernya siap menghadapi segala kemungkinan dan terus ditingkatkan kemampuannya.

Salah satu pesawat tempur berteknologi siluman yang menjadi andalan China adalah J-20.

Sebagai pesawat multiperan generasi kelima tahap penggarapan J-20 sudah memasuki test terbang perdana (maiden flight) yang sudah dilaksanakan pada bulan Januari 2016 lalu dan berlangsung sukses.

Saat ini PLAAF diyakini telah memiliki empat J-20 yang semuanya sudah menjalani tes kelaikan terbang dan tiga di antaranya tinggal menjalani tes terbang tempur yang perdana.

Salah satu J-20 bahkan sudah mulai dioperasikan pada bulan Juni 2017.

Khusus untuk operasional keempat J-20 tersebut dalam kondisi siap tempur (combat ready) ditargetkan bisa tercapai pada tahun 2018-2019.