Find Us On Social Media :

Melakukan Tindakan Kebaikan Bukan untuk Mendapatkan Pujian Tetapi Karena Memang Harus Melakukannya

By Ade Sulaeman, Rabu, 18 Oktober 2017 | 21:00 WIB

Intisari-Online.com – Penulis terlaris, Paulo Coelho, bercerita tentang Abbot Lucas, yang mengumpulkan saudara-saudaranya dari biara Sceta dalam sebuah khotbah.

“Semoga kalian semua dilupakan,” katanya.

“Mengapa?” tanya salah seorang saudaranya. “Apakah itu berarti bahwa teladan kita yang baik tidak akan pernah bisa membantu seseorang yang membutuhkan?”

“Pada suatu waktu, tidak ada yang memperhatikan orang-orang yang berperilaku dengan cara yang patut dicontoh,” jawab kepala biara.

“Semua orang melakukan yang terbaik, tidak pernah berpikir bahwa dengan berperilaku demikian mereka melakukan tugas saudara mereka. Mereka menyukai tetangga mereka karena mereka merasa ini adalah bagian normal dari kehidupan.”

“Mereka berbagi harta milik mereka agar tidak mengumpulkan lebih dari yang bisa mereka bawa, karena mereka mengerti bahwa perjalanan berlangsung seumur hidup.

Mereka hidup bersama dalam kebebasan, memberi, dan menerima, tidak menuntut orang lain dan menyalahkan siapapun saat terjadi kesalahan.

Itulah sebabnya perbuatan mereka tidak pernah dibicarakan dan karena itulah mereka tidak meninggalkan cerita. Kalau saja kita mencapai hal yang sama sekarang, untuk membuat kebaikan seperti biasa sehingga tidak perlu memuji orang-orang yang mempraktikkannya.”

Semoga kita pun dapat mempengaruhi dunia melalui kebaikan kita, menjadi sesuatu yang normal dalam kehidupan kita.

Dan semoga kita pun begitu rendah hati saat melakukan tindakan kebaikan, bukan untuk mencari pujian dari orang lain, tetapi kita melakukannya karena kita tahu bahwa kita harus melakukannya.