Find Us On Social Media :

Robot Penjinak Bom Buatan LIPI, Selain Bisa Lumpuhkan Bom Juga Bisa Mengintai Musuh

By Moh Habib Asyhad, Senin, 16 Oktober 2017 | 18:15 WIB

Intisari-Online.com - Upaya menjinakkan bom yang dipasang oleh teroris di tempat-tempat yang sulit dijangkau diharapkan tidak lagi memusingkan para penjinak bom.

Pasalnya, jika ada aksi teror dengan cara menaruh tas atau kardus berisi bom, pasukan penjinak bom dari TNI ataupun Polri tidak perlu lagi menurunkan personel untuk mengambilnya.

Hal itu, selain berisiko kena ledakan, pengambilan yang dilakukan oleh manusia secara langsung juga menimbulkan suasana tegang bagi semua pasukan antiteror yang diturunkan.

(Baca juga: Asia Tengah, Titik Awal Sejarah Penjinakkan Anjing Menjadi Peliharaan Manusia)

Untuk mengatasi resiko itu, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Bandung, Jawa Barat, telah menciptakan robot khusus untuk mengevakuasi bom.

Robot, berupa kendaraan mini seperti tank itu dirancang dan diproduksi langsung oleh Pusat Penelitian Tenaga Listrik dan Mekatronik LIPI selama kurang lebih dua tahun.

Sebagai wahana penjinak bom yang bisa dikendalikan dari jarak jauh, robot yang diberi nama Motor Robot (Moro) LIPI V2 itu dibuat oleh tim LIPI dibawah pimpinan Prof. Dr. Estiko.

Moto LIPI V2 adalah pengembangan dari alat penjinak bom Moro LIPI V1 yang juga pernah dibuat oleh LIPI.

Tipe Moro LIPI V1 merupakan robot nirkabel yang digerakkan dari jarak jauh untuk bisa mendaki tangga yang memiliki kemiringan 15 derajat.

Dengan kemampuan mendaki tangga yang cukup terjal itu, jika kemampuan robot Moro LIPI V1 ditingkatkan akan sangat berguna bagi kepentingan operasi militer.

Moro LIPI V2 memiliki dimensi robot yang lebih kecil dan lebih ringan ketika dibawa pemakai pada misi penjinakan bom.

Hanya butuh dua orang untuk menggotongnya dan robot penjinak bom pun siap melaksanakan tugasnya mengambil paket bom, baik yang ditempatkan secara tersembunyi maupun terang-terangan.

(Baca juga: Dahsyatnya Kemampuan Antiteror Pasukan TNI, Filipina Sampai Tergoda Untuk minta Bantuan)