Find Us On Social Media :

Ibu yang Bekerja Memang Hebat, tapi Ayah Juga Wajib Membantu Ya

By Moh Habib Asyhad, Minggu, 15 Oktober 2017 | 13:00 WIB

Intisari-Online.com - Penelitian terbaru mengungkapkan, saat hari libur tiba, suami akan lebih banyak bersantai sementara istri akan bekerja lebih berat, termasuk mengurus anak dan melakukan tugas-tugas lainnya.

Bagi pasangan keluarga, penelitian ini mungkin sedikit mengagetkan karena mengungkap bahwa ayah atau suami muda meluangkan lebih banyak waktu untuk bersantai daripada ibu muda.

(Baca juga: 3 Manfaat Menjadi Bapak Rumah Tangga)

Penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Sex Roles juga menunjukkan bahwa dalam rumah tangga yang suami-istri sama-sama bekerja, laki-laki mengkhususkan hari liburnya untuk bersantai sedangkan perempuan akan mengurus anak juga merawat rumah.

Studi ini dilakukan di Ohio dan melibatkan 52 pasangan heteroseksual yang kebanyakan berkulit putih dan berpendidikan.

Fakta yang cukup mengejutkan adalah, meski berada dalam status keluarga menengah ke atas, tugas mengurus rumah dan merawat anak tidak terbagi secara proporsional.

Dari penelitian ini sejatinya ditemukan bahwa suami dan istri sudah berusaha membagi tugas-tugas rumah tangga seadil mungkin.

Namun, kesepakatan ini, pada akhirnya, tidak berjalan dengan maksimal seperti yang diharapkan.

Penelitian ini bahkan menemukan bahwa tiga bulan setelah kelahiran bayi, laki-laki menggunakan 101 menit waktu untuk bersantai di hari libur ketika istrinya sedang melakukan pekerjaan rumah sampai mengurus anak—sementara perempuan hanya 46-49 menit.

Artinya, laki-laki menggunakan kesempatan hari liburnya untuk bersantai dua kali lebih banyak setelah kelahiran si jabang bayi.

Di sisi lain, saat hari kerja, pembagian kerja tampak lebih merata antara si suami dan si istri. Meski begitu, tetap saja waktu perempuan beristirahat lebih sedikit.

(Baca juga: Dicampakkan Suami dalam Keadaan Lumpuh, Perempuan Ini Menemukan Cinta Sejati dari Pelatih Pribadinya)

Selain masih dianutnya nilai-nilai konservatif, ternyata ada peran istri juga dalam banyaknya waktu santai dinikmati laki-laki.