Find Us On Social Media :

Pegal-pegal Usai Bekerja Seharian? Cobalah Sensasi Dipijat oleh Robot Pemijat Pertama Di Dunia Ini

By Moh Habib Asyhad, Rabu, 11 Oktober 2017 | 09:00 WIB

Intisari-Online.com – Wow, ada robot jenis baru lagi, nih!

Robot ini dirancang khusus untuk memijat punggung dan lutut seseorang yang pegal-pegal usia bekera seharian.

Robot pemijat ini diberi nama Emma, singkatan dari Expert Manipulative Massage Automation.

Emma meniru telapak tangan dan jari untuk menirukan pijatan pengobatan, seperti shiatsu dan fisioterapi.

Emma memijat pasien pertamanya di klinik NovaHealth Traditional Chinese Medicine (TCM) di Singapura, mulai Senin (9/10).

Tentunya robot itu bekerja berdampingan dengan seorang dokter dan seorang terapis pijat.

(Baca juga: [VIDEO] Mbah Dul Si Pemijat Sapi)

Dilansir dari situs Strait Times, Emma dirancang oleh peneliti dari Nanyang Technological University di Singapura. Robot ini dikembangkan oleh AiTret, sebuah perusahaan teknologi starup yang ada di universitas tersebut.

Dikatakan bahwa robot ini memberikan sebuah pijatan yang digambarkan oleh pasiennya seperti nyaris tidak berbeda dengan pijatan dari seorang pemijat profesional.

Robot ini menggunakan sensor untuk menekan urat dan otot yang kaku, bersama kecerdasan buatan dan berbasis komputer untuk menghitung pijatan optimal dan meninggalkan jejak kesembuhan pasien usai menjalani pengobatan.

AiTret baru berusia 2 tahun tetapi perusahaan ini sudah bernilai 10 juta dolar singapura atau Rp 94,9 miliar. Dukungan dana ini didapat dari pemodal di Singapura, China, dan Amerika Serikat, termasuk Brain Robotic Capital LP di Boston, Amerika Serikat.

Diklaim bahwa menggunakan Emma bisa membantu untuk mengatasi rasa sakit kronik dan berpotensi menurunkan biaya pengobatan alternatif.

Di banyak negara pengobatan ini masih berbiaya tinggi dan dimana populasi lansianya meningkat yang membutuhkan pengobatan seperti ini.