Find Us On Social Media :

Sering Mencium Bau Lumpur pada Ikan? Ternyata Inilah Penyebab dan Cara Menghilangkannya

By Ade Sulaeman, Selasa, 10 Oktober 2017 | 12:30 WIB

Intisari-Online.com – Dalam suatu lokakarya yang diselenggarakan oleh suatu organisasi wanita yang bekerjasama dengan F.E. Stiftung (Jerman) di Jakarta, beberapa peserta bertanya mengapa ada ikan-ikan yang bau lumpur.

Menurut ibu-ibu tersebut, bau lumpur sering mereka temukan pada ikan mas (Cyprinus carpio), ikan lele (Clarias batrachus) dan ikan Bandeng (Chanos chanos).

Pertanyaan yang sama disampaikan pula kepada saya pada Penataran Guru-guru Sekolah Pertanian di BPLLP Ciawi beberapa bulan kemudian.

Bau lumpur pada daging ikan mas memang sudah sejak lama dikenal masyarakat, umumnya di daerah Bandung.

Di daerah Bojongloa, Bandung kota, kolam-kolam peternakan ikan mas memanfaatkan air buangan (sewage) dari kota.

Kolam-kolam ini memang sangat subur dengan plankton sehingga dapat memberikan produksi ikan yang relatif tinggi.

Akan tetapi ikan mas dari kolam-kolam tersebut sering kali mengandung daging yang berbau lumpur.

Kejadian yang sama sering ditemukan juga dari beberapa daerah lain yang mempunyai kondisi hampir sama dengan kolam-kolam di Bandung tersebut.

Bau lumpur pada daging ikan ternyata memang tidak hanya menimpa ikan mas saja, tapi juga  pada ikan lele dan ikan bandeng.

Dan ternyata tidak hanya di Bandung atau beberapa daerah lain di Indonesia saja, tetapi terdapat pula di beberapa negara lain.

Misalnya pada ikan mas di Israel dan negara Cina, pada ikan trout di Skotlandia, dan pada ikan catfish (bangsa lele) di Amerika Serikat.