Find Us On Social Media :

Jangan Hanya Berpikir Menjadi Sesuatu, Tapi Jadilah!

By Moh Habib Asyhad, Selasa, 26 September 2017 | 06:00 WIB

Intisari-Online.com – Tom muda sedang mengobrol dengan mentornya, Brian, tentang pilihan karir masa depannya.

"Saya pikir saya bisa menjadi pemimpin hebat suatu hari nanti!" kata Tom dengan bangga.

"Baiklah, saya pikir saya bisa menjadi banteng suatu hari nanti," jawab Brian.

(Baca juga: Apakah Anda Sudah Mengenal Diri Sendiri dengan Baik atau Justru Merasa Asing dengan Diri Sendiri?)

Brian sering kali mengeluarkan pernyataannya yang tampaknya tidak masuk akal. Dan ini terus-menerus membuat frustasi dan bingung anak didiknya yang lebih muda.

"Jangan konyol, saya benar-benar berpikir bahwa saya bisa menjadi pemimpin suatu hari nanti, Anda tidak akan pernah menjadi banteng," balas Tom.

"Jika Anda bisa berpikir bahwa Anda bisa menjadi pemimpin, mengapa saya tidak bisa berpikir bahwa saya bisa menjadi banteng?"

"Karena Anda tidak bisa memikirkan cara Anda menjadi katak banteng. Anda baik atau tidak, "jawab Tom.

"Anda benar Tom dan Anda tidak bisa memikirkan cara Anda menjadi pemimpin, Anda hanya harus menjadi salah satunya," kata Brian sambil tersenyum. Tom berpikir sejenak, lalu bertanya, "Tapi saya masih muda, bagaimana saya bisa menjadi pemimpin?"

"Pemimpin adalah pemimpin, tidak peduli berapa umur mereka atau keadaan mereka. Anda dapat secara positif mempengaruhi teman sebaya Anda untuk membuat keputusan yang lebih baik, menemukan penyebab yang perlu diperhatikan atau dilakukan dengan orang lain untuk menemukan solusi inovatif untuk masalah yang menantang. Apa pun yang Anda lakukan, berhenti berpikir untuk menjadi pemimpin dan hanya memimpin!"

Banyak orang mengira mereka bisa menjadi pemimpin, pembicara publik, penulis, atau pemilik bisnis. Mereka menunggu untuk dipilih. Menunggu, menunggu, dan menunggu.

(Baca juga: Kehidupan Ini Tidak Selalu Manis Seperti yang Kita Harapkan, Jadilah Kuat dan Pelajari 8 Kenyataan Hidup Ini)

Dan ketika tidak ada yang terjadi, mereka tidak bisa mengerti mengapa.

Inilah sebabnya. Mereka berpikir bahwa mereka bisa menjadi sesuatu, tapi mereka tidak pernah mengambil tindakan untuk itu.

Jadi, apa pun yang kita inginkan…. Jadilah!