Antisipasi Kejahatan saat Imlek, Polisi China Dibekali Kacamata Pintar yang Bisa Deteksi Penjahat

  • Senin, 12 Februari 2018 14:45 WIB

Polisi China berkacamata pintar | techchrunch.com

Intisari-Online.com - Sebagai negara yang berpenduduk lebih dari 1 milliar untuk mendeteksi potensi terjadinya aksi kejahatan, China telah memasang lebih dari 170 juta kamera CCTV.

Keberadaan kamera CCTV dalam jumlah ratusan juta dan dipasang di tempat-tempat strategis seperti bandara dan stasiun kereta itu terbukti sangat membantu kepolisian China.

Personel kepolisian China yang sangat terbantu dengan sistem pengintaian CCTV adalah para polisi wanita.

Pasalnya mereka bisa mendeteksi pelaku kejahatan melalui kamera CCTV dan untuk menangkap pelaku kejahatan lebih banyak dilaksanakan oleh para polisi pria.

(Baca juga: Mewahnya Pesta Pernikahan 10 Hari 10 Malam Anak Raja Tambang Batu Bara Kalimantan Ini! Mobil Pengantinnya Saja Seharga Belasan Miliar!)

Untuk mencegah secara dini terjadinya aksi kejahatan, kepolisian China tidak hanya memiliki data base berupa sidik jari dari warganya tapi juga memiliki dokumentasi wajah secara digital.

Berkat data base wajah para warganya itu, kepolisian China cukup membutuhkan waktu 3 menit untuk melakukan identifikasi terhadap orang-orang yang sedang dicurigai.

Namun dalam perkembangan terkini polisi wanita China tidak hanya mengandalkan kamera CCTV saja untuk mengidentifikasikan aksi dan pelaku kejahatan.

Demi menyambut Tahun Baru China (Imlek) pada tahun 2018, para personel kepolisian China telah dilengkapi kacamata pintar (smart glasses) yang bisa mendeteksi pelaku kejahatan.

Reporter : Agustinus Winardi
Editor : Ade Sulaeman

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×