Intisari-Online.com -Pembangunan rel kereta api luar Pulau Jawa yang jika mengacu pada Rencana Induk Perkeretapian Nasional adalah 2030 dipercepat pengerjaannya tahun ini. Alasan utama percepatannya apalagi kalau bukan soal peningkatan kualitas infrastruktur yang menjadi salah satu janji Jokowi saat kampanye pemilihan Presiden 2014 lalu.
Di penghujung 2014 Presiden Jokowi juga berjanji kepada masyarakat Papua untuk membangun jaringan rel kereta api di pulau kaya raya itu. “Studi mengenai jalur kereta api di Papua akan kita mulai tahun depan,” ujar Jokowi waktu itu.
Seperti dikutip dari Detik Finance mengutip Program Strategis Perkeretaapian 2015 – 1019, inilah jaringan rel kereta api luar Pulau Jawa yang sengan dikebut pengerjaannya, yang jika dihitung panjangnya mencapai 3.258:
1). Koridor Pulau Sumatera
- Pembangunan Kereta Api Antar Kota/Trans Sumatera
- Jalur KA baru Bireun – Lhokseumawe – Langsa – Besitang
- Jalur KA baru Rantauprapat – Duri – Dumai
- Jalur KA baru Duri – Pekanbaru
- Jalur KA baru Pekanbaru – Muaro
- Jalur KA baru Pekabaru – Jambi – Palembang
- Jalur KA baru Simpang – Tanjung Api-Api
- Jalur ganda KA Prabumulih – Kertapati
- Jalur ganda KA Baturaja – Martapura
- Jalur ganda KA Muara Enim – Lahat
- Jalur ganda KA Cempaka - Tanjung Karang
- Jalur ganda KA Sukamenanti – Tarahan
- Jalur KA baru Rejosari/KM3 – Bakauheni
- Reaktivasi Jalur KA
- Binjai – Besitang
- Padang Panjang – Bukit Tinggi – Payakumbuh
- Pariaman – Naras – Sungai Limau
- Muaro Kalaban – Muaro
- Pembangunan Kereta Api Perkotaan/Jalur Ganda/Elektrifikasi/Jalur Baru Akses ke Pusat Kegiatan
- Perkotaan Medan (Jalur Ganda KA Medan – Araskabu – Kualanamu)
- Perkotaan Padang (Padang – BIM dan Padang – Pariaman)
- Perkotaan Batam (Batam Center-Bandara Hang Nadim)
- Perkotaan Palembang (Monorel)
- Pembangunan Kereta Api Akses Bandara
- Bandara Kualanamu, Medan (peningkatan kapasitas)
- Bandara Internasional Minangkabau, Padang
- Bandara Hang Nadim, Batam
- Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II
- Pembangunan Kereta Api Akses Pelabuhan
- Pelabuhan Lhokseumawe
- Pelabuhan Belawan
- Pelabuhan Kualatanjung
- Pelabuhan Dumai
- Pelabuhan Tanjung Api-Api
- Pelabuhan Panjang
- Pelabuhan Bakauheni
2). Koridor Pulau Kalimantan
- Pembangunan KA Khusus/Batubara/Akses Pelabuhan (Skema KPS)
- Muara Wahau - Muara Bengalon
- Murung raya – Kutai Barat – Paser – Panajam Paser Utara – Balikpapan
- Puruk Cahu – Mangkatib
- Pembangunan Kereta Api Antar Kota/Trans Kalimantan
- Jalur KA baru Tanjung – Paringin – Barabai – Rantau – Martapura – Banjarmasin
- Jalur KA baru Balikpapan – Samarinda
- Jalur KA baru Tanjung – Balikpapan
- Jalur KA baru Banjarmasin – Palangkaraya
- Jalur KA baru Palangkaraya – Sangau – Pontianak – Batas Negara
- Jalur KA baru Samarinda – Sangata - Tanjung Redep – Batas Negara
- Pembangunan Kereta Api Akses Bandara
3). Koridor Pulau Sulawesi
- Pembangunan Kereta Api Antar Kota/Trans Sulawesi
- Jalur KA baru Manado – Bitung
- Jalur KA baru Bitung – Gorontalo – Isimu
- Jalur KA baru Pare Pare – Mamuju
- Jalur KA baru Makassar – Pare Pare
- Jalur KA baru Makassar – Sungguhminasa – Takalar – Bulukumba – Watampone
- Jalur KA baru Mamuju – Palu – Isimu
- Pembangunan Kereta Api Perkotaan
- Perkotaan Makassar dan sekitarnya
- Perkotaan Manado
- Pembangunan Kereta Api Akses Bandara/Pelabuhan
- Bandara Sultan Hasanuddin
- Pelabuhan Garonggong, Pelabuhan New Makassar
- Pelabuhan Bitung
4). Koridor Pulau Papua
- Pembangunan Jalur KA baru di Papua baru direncanakan satu, yaitu untuk jalur Sorong-Manokwari