Beda dengan Ayam Kampung, Mengapa Daging Ayam Broiler Warnanya Pucat?

K. Tatik Wardayati Rabu, 12 September 2018 | 18:00 WIB
mengapa daging ayam brooiler warnanya pucat (Tribun Jual Beli)

Intisari-Online.com – Ini hanya salah satu perbedaan antara daging ayam pedaging dan ayam kampung yang tidak bisa diingkari. Mengenai perbedaan rasa, masih belum ada kesepakatan. Yang disebut ayam broiler ialah ayam ras yang cepat gemuk karena sifatnya, bukan karena dikebiri dengan cara apa pun juga.

Biarpun ayam ras pedaging mudah dibeli di mana-mana, namun masih  tetap banyak orang yang lebih suka ayam kampung. Lebih gurih, katanya. Sedangkan daging ayam pedaging itu ada yang mengatakan hambar, berbau, lemaknya banyak, kulitnya tebal dan sebagainya.

Untuk mengetahui apakah tuduhan itu benar atau cuma soal kebiasaan saja, Fakultas Peternakan IPB pernah melakukan uji rasa (organoleptik). Caranya: potongan daging dada dari kedua jenis ayam ini direbus tanpa bumbu selama dua puluh menit dalam air mendidih.

Ternyata semua peserta uji ini tidak dapat membedakan daging ayam kampung dari daging ayam pedaging.

Baca Juga : Ini 4 Manfaat Menakjubkan Kalau Sering Makan Cakar Ayam, Bisa Bikin Awet Muda Juga Loh!

Hasil percobaan itu telah saya kemukakan kepada beberapa orang ibu rumah tangga yang ternyata tetap lebih menyukai ayam kampung untuk berbagai masakan yang berkuah dan ayam goreng. Tetapi untuk sate, ayam pedaging memang lebih empuk, begitu pula untuk ayam lapis, yang kulit dan lemaknya tidak dipakai.

Keluhan bahwa daging ayam broiler kadang-kadang baunya tengik memang ada dasarnya, yakni kalau daging itu disimpan di tempat yang terbuka dan bukan di freezer. Dalam beberapa jam  aja daging ayam itu akan ditumbuhi mikroorganisma, yang dapat merusak protein dan lemak, padahal penyimpanan di alam terbuka seperti itu sering terjadi di pasar.

Cara terbaik untuk menyimpan ayam pedaging yang sudah bersih dari bulu ialah dalam kantung plastik yang kemudian dimasukkan ke dalam freezer (dengan suhu pembekuan).

Sebelum dimasak ayam yang beku itu perlu dicairkan kembali. Cara yang dianggap paling baik ialah membiarkan ayam beku yang masih terbungkus plastik itu dalam lemari es (4oC), tetapi bukan di ruang pembeku (freezer), selama delapan jam.

Baca Juga : Harga Daging Ayam di Venezuela Capai 14 Juta Bolivar, Apa Penyebab Negara Bisa Alami Hiperinflasi?

Source : intisari
Penulis : K. Tatik Wardayati
Editor : Aulia Dian Permata