Lakukan 7 Langkah Pencatatan Keuangan Ini Supaya Keuangan Anda Tidak Morat-marit

Moh Habib Asyhad

Editor

Inilah Kesalahan Keuangan Para Freelancer
Inilah Kesalahan Keuangan Para Freelancer

Intisari-Online.com – Mencatat pengeluaran dapat kita lakukan dengan membuat anggaran kemudian rencanakan alokasi uang.

Langkah-langkahnya:

Hitung penghasilan setiap bulan, baik dari gaji (setelah pajak) dan pemasukan lain.

(Baca juga:Benarkah Indonesia Darurat Utang? Ini Penjelasan Resmi Paling Lengkap dari Kementerian Keuangan)

Hitung pengeluaran, termasuk uang yang dihabiskan untuk hal menyenangkan seperti makan di luar, hiburan, atau hobi.

Pada bagian ini kita membuat anggaran dan dapat melihat alokasi dana tiap bulannya.

Kurangi pemasukan dan pengeluaran hingga mendapatkan uang yang tersisa tiap bulannya.

Setelah itu ulas dan lakukan perencanaan untuk bulan-bulan ke depannya.

Kita bisa memberikan catatan bagi pengeluaran lebih yang berada di luar anggaran seperti biaya bengkel, kesehatan, kado, pesta, dan rekreasi.

(Baca juga:Membuat Rencana Keuangan Itu Mudah, yang Sulit Itu Memulainya)

Uang sisa dari pengeluaran sebelumnya dapat kita gunakan untuk menutupi biaya yang tidak terduga apabila mencukupi.

Apabila terjadi defisit, maka kita harus mengevaluasi dan membuat anggaran yang lebih baik pada bulan selanjutnya.

Potong beberapa anggaran hingga dapat menutup keuangan kita.

Bila terdapat surplus, bisa digunakan untuk membayar utang, ditabung, atau berinvestasi.

Pastikan melakukan evaluasi terus setiap bulan dan buat anggaran sebelum awal bulan.

(Baca juga:Menyalurkan Investasi Properti di Luar Negeri Dengan Henley & Partners)

(Pernah dimuat di Majalah Intisari edisi Juli 2017)

Artikel Terkait