Mengapa Tiket Citilink dan Garuda Indonesia Tidak Lagi Tersedia di Traveloka?

Ade Sulaeman

Penulis

Garuda Indonesia
Garuda Indonesia

Intisari-Online.com - Sejak 19 Oktober lalu, bermunculan keluhan tentang tiket Citilink dan Garuda Indonesia yang tidak lagi tersedia di Traveloka, sebuah situs Online Travel Agent (OTA).

Mereka, khususnya para pengguna Traveloka merasa terkejut dengan kondisi yang muncul tanpa pemberitahuan terlebih dahulu tersebut.

Dalam sebuah penelusuran yang dilakukan oleh situs KompasTravel pada Jumat (21/10/2016), situs Traveloka memang tidak lagi memunculkan penerbangan dengan maskapai Garuda Indonesia.

Vice President Corporate Communication Garuda Indonesia Benny S Butarbutar menjelaskan saat ini Traveloka bersama Garuda Indonesia dan Citilink sedang melaksanakan konsolidasi bisnis terkait komitmen kerja sama channel distribution tiket Garuda Indonesia dan Citilink pada laman Traveloka.

Konsolidasi bisnis tersebut diharapkan dapat memaksimalkan pola kerja sama bisnis yang bersifat jangka panjang dan lebih menguntungkan antar kedua belah pihak.

“Konsolidasi bisnis tersebut, meliputi aspek administratif hingga pola kerja sama dan pengembangan basis teknologi yang lebih memudahkan akses layanan tiket Garuda Indonesia dan Citilink laman Traveloka,” kata Benny dalam keterangan resmi kepada KompasTravel, Jumat (21/10/2016).

Ia menambahkan terkait penyesuaian hal tersebut, saat ini layanan tiket Garuda Indonesia dan Citilink Indonesa pada laman Traveloka belum dapat terakses dengan baik. Benny menyarankan seluruh pengguna jasa untuk langsung mengakses channel layanan tiket yang dimiliki Garuda Indonesia maupun Citilink.

“Konsolidasi bisnis tersebut diharapkan dapat menghasilkan terobosan bisnis terbaru yang dapat memberikan nilai tambah terhadap seluruh customer Traveloka pada umumnya, maupun pengguna jasa Garuda dan Citilink yang membeli tiket melalui laman Traveloka,” tambahnya.

Pihak Traveloka, Garuda Indonesia, dan Citilink, lanjut Benny, memastikan bahwa tidak dapat diaksesnya layanan tiket GA dan Citilink hanya bersifat temporer. Ia meyebut setelah proses konsolidasi bisnis selesai dilaksanakan dalam waktu dekat, layanan tiket Garuda dan Citilink dapat segera diakses kembali.

“Berkaitan dengan pemberitaan di beberapa kanal media terkait permasalahan sistem ticketing Garuda Indonesia dan Citilink yang berdampak pada layanan Traveloka, bersama ini kami sampaikan bahwa tidak benar bahwa terdapat permasalahan dalam sistem ticketing Garuda Indonesia maupun Citilink,” jelasnya.

Sementara, Communications Executive Traveloka, Busyra Oryza menuturkan hingga saat ini maskapai Garuda Indonesia dan Citilink tidak bisa diakses untuk sementara waktu dalam beberapa hari terakhir ini di website dan aplikasi Traveloka.

Namun, ia belum dapat menyebutkan kapan maskapai Garuda Indonesia dan Citilink bisa diakses kembali.

“Namun, kami pastikan bahwa kami dan pihak Garuda Indonesia berusaha mengembalikan maskapai tersebut di search result Traveloka secepatnya,” kata Busyra saat dikonfirmasi KompasTravel.

(Wahyu Adityo Prodjo)