Intisari-Online.com – Di era teknologi informatika ini kita dihadapi dengan berbagai peluang bisnis baru. Ide bermunculan dan modal bisa saja didapatkan dengan berbagai cara. Salah satunya adalah crowdfunding atau penggalangan dana.
Melalui cara daring kita membuat sebuah penggalangan dana untuk proyek yang kita kerjakan dan orang-orang akan menyumbang agar kita mencapai jumlah yang diinginkan untuk proyek tersebut. Ada bantuan sosial, ada juga produk inovatif. Kickstarter menjadi salah satu situs asal Amerika Serikat yang menyediakan jasa ini.
Sebagai gambaran industri inovasi yang dapat dicontoh, berikut adalah 10 barang asal Kickstarter yang berhasil mendapatkan pendanaan paling tinggi hingga tahun 2016 ini.
10. Bloodstained
Koji Igarashi menggalang dana untuk permainan video yang diselenggarakan pada tanggal 11 Mei 2015 dan telah berakhir pada 12 Juni 2015. Ia berhasil menggalang dana sebesar AS$5,5 juta (sekitar 714 miliar) dengan 64.867 pendukung yang memberikan sumbangan sekitar AS$85 (Rp1,1 juta)
Permainan ini mengajak kita untuk berperan sebagai Miriam, seorang anak yatim piatu yang dikutuk oleh penyihir hingga badannya perlahan mengkristal.
9. Proyek film Veronica Mars
Veronica Mars merupakan film seri di televisi yang menceritakan tentang detektif wanita. Dengan 91.585 orang yang memberi uang sekitar AS$62, proyek ini berhasil menggalang AS$ 5,7 juta (sekitar Rp740 miliar) dari 13 Maret 2013 hingga 12 April 2013.
Indonesia sendiri pernah menggalang dana untuk sebuah film. Wujudkan.com menjadi situsnya dan film Atambua 39 Derajat Celcius adalah film garapan Mira Lesmana yang berhasil digarap dengan modal Rp312 juta.
8. Pono Music
Kampanye ini dibuat oleh kerja sama tim PonoMusic dan penyanyi asal Kanada bernama Neil Young. Produknya berupa alat pemutar musik yang bisa memainkan lagu dengan kualitas tinggi dengan meminta artis untuk memberikan master rekamannya.
Dengan 18.220 pendukung yang membayar kira-kira AS$342 (Rp4,4 juta), Pono Music berhasil mengumpulkan AS$ 6,2 juta (sekitar Rp805 miliar) dalam 35 hari di tahun 2014.
7. Shenmue 3
Permainan video kembali lagi masuk kedalam daftar ini. Kali ini dimainkan di mesin playstation dan melanjutkan cerita asli yang sudah ada dari tahun 1999. Mengisahkan tentang Ryo Hazuki yang berpetualang dari Jepang ke Tiongkok untuk membalaskan dendam ayahnya.
Digalang oleh Ys Net dengan 69.320 pendukung, mereka berhasil mengumpulkan AS$6,3 juta (Rp818 miliar)dalam kurun waktu 32 hari di tahun 2015.
6. Ouya
Apabila dua permainan video telah berhasil menjadi dua yang mendapatkan dana terbesar, mesin untuk memainkan permainan video juga ikut serta masuk. Sederhananya, ia bisa memproyeksikan alat lain seperti telepon genggam ke televisi saat kita mengakses permainan videonya.
Di bulan Agustus 2012 Ouya berhasil mengumpulkan AS$8,5 (sekitar Rp1,103) dengan 63.416 pendukung. Akan tetapi setelah pendanaan selesai, produk dirilis ke pasar dan ulasan negatif muncul serta penjualan ternyata buruk.Ingin tahu lima produk yang mendapatkan penggalangan dana tertinggi? Bagian kedua akan membeberkan informasinya.
(Kickstarter.com/Crowdcrux.com/Studenpreneur.com)