Intisari-Online.com – Masih merasa bingung dengan soal matematika yang membedakan antara “4 x 6” dengan “6 x 4”? Berikut ini penjelasan Yohanes Surya terkait kontroversi PR Matematika Kelas II SD di Facebook.
Sekadar mengingatkan, kontroversi ini berawal dari sebuah jawaban PR matematika anak kelas dua SD yang dinilai salah oleh gurunya. Menurut sang kakak yang membantu adiknya mengerjakan PR tersebut, jawaban untuk soal “4+4+4+4+4+4 = …” adalah “4 x 6”, sementara menurut sang guru seharusnya “6 x 4”.
Yohanes, lewat laman resmi Facebook-nya, membahas tentang kontroversi PR Matematika Kelas II SD di Facebook dalam penjelasan yang sederhana. Caranya dengan menggunakan contoh: ada dua kotak yang masing-masing berisi 4 jeruk.
Jika menggunakan bahasa penjumlahan matematika, maka akan terbaca 4 + 4. Sementara bila menggunakan bahasa perkalian akan menjadi 2 x 4 (2 kotak yang berisi 4 jeruk), bukan 4 x 2 (4 kotak berisi 2 jeruk).
Menurut Yohanes, hal tersebut sudah menjadi sebuah kesepakatan dalam matematika. Persoalannya bukan benar atau salah, melainkan mana yang telah disepakati sebelumnya.
“Ketika menghitung 6 x 4, kita membayangkan menghitung jumlah jeruk dalam 6 kotak berisi masing-masing 4 jeruk. Jadi, 6 x 4 = 4 + 4 + 4 + 4 + 4 + 4. Ketika menghitung 4 x 6, kita membayangkan menghitung jumlah jeruk dalam 4 kotak berisi masing-masing 6 jeruk. Jadi, 4 x 6 = 6 + 6 + 6 + 6,” tutur Yohanes.
Itulah penjelasan Yohanes Surya terkait kontroversi PR Matematika Kelas II SD di Facebook. Semoga Anda tidak lagi bingung. (kompas.com)
Penulis | : | Ade Sulaeman |
Editor | : | Ade Sulaeman |
KOMENTAR