Kisah Gelang Batu dan Botol Parfum

K. Tatik Wardayati

Editor

Kisah Gelang Batu dan Botol Parfum
Kisah Gelang Batu dan Botol Parfum

Intisari-Online.com – Ini kisah tentang seorang guru bernama Ny. Thompson. Seperti kebanyakan pengajar lain, saat hari pertama ia berdiri di depan kelas 5, ia mengatakan kepada muridnya betapa ia mencintai mereka semua. Tapi mungkin juga tidak, karena di barisan depan, duduk merosot di kursinya, seorang anak bernama Teddy Stoddard.

Ny. Thompson sudah mengawasi Teddy setahun sebelumnya dan ia memperhatikan kalau anak itu tidak bermain dengan anak-anak yang lain karena bajunya tidak rapi dan kelihatan seperti tidak pernah mandi.

Namun ketika membaca laporan guru-guru sebelumnya tentang Teddy, ia terkejut. Guru kelas satu Teddy menulis, “Teddy adalah anak pintar, supel, pekerjaannya rapi dan sifatnya baik. Ia selalu membawa kegembiraan di sekitarnya.”

Guru kelas duanya menulis, “Teddy adalah murid yang sempurna, disukai seluruh temannya, tetapi ia terganggu karena ibunya memiliki penyakit serius dan hidup di rumahnya pastilah sulit.”

Guru kelas tiganya menulis, “Kematian ibunya ternyata sulit baginya. Ia mencoba melakukan yang terbaik, tetapi ayahnya sepertinya cuek dan kehidupan di rumahnya pasti akan mempengaruhinya.”

Guru kelas empat Teddy menulis, “Teddy menjadi mundur dan sepertinya tidak tertarik sekolah. Ia tidak punya banyak teman dan terkadang tertidur di kelas.”

Setelah itu, Ny. Thompson menyadari masalah dan ia malu terhadap dirinya sendiri. Ia merasa tidak enak ketika murid-muridnya membawa hadiah Natal, dibungkus dengan pita cantik dan kertas warna-warni, kecuali pemberian Teddy. Ia hanya membungkus hadiah dengan kertas cokelat bekas belanjaan. Dan isinya hanyalan gelang dari batu dengan beberapa batu yang sudah copot, dan sebuah botol berisi parfum setengahnya.

Ny. Thompson memakai gelang itu dan menyeka sedikit parfum di pergelangan tangannya. Teddy Stoddard menunggu gurunya sepulang sekolah, “Ny. Thompson, hari ini bau wangi Anda seperti Ibu saya dulu.” Setelah itu ia menangis selama setidaknya satu jam.

Ny. Thompson mulai memberi perhatian khusus kepada Teddy. Setelah ia memberi perhatian khusus, Teddy semakin rajin, ia bisa menjawab pertanyaan dengan cepat.

Pada akhir tahun, Teddy menjadi anak terpandai di kelas, meskipun Ny. Thompson mengatakan bahwa ia mencintai semua anak-anak muridnya, Teddy menjadi salah satu anak kesayangannya.

Setahun kemudian, ia menemukan catatan di bawah pintu, dari Teddy, yang mengatakan ia adalah guru terbaik yang pernah dimiliki sepanjang hidupnya.

Enam tahun berlalu sejak ia mendapat catatan dari Teddy. Ny. Thompson menerima surat yang menceritakan Teddy telah lulus SLTA, rangking ketiga di kelasnya, dan dia tetap guru terbaik yang pernah dimiliki sepanjang hidupnya.

Enam tahun setelah itu, ia menerima surat lain, bahwa Teddy akan segera lulus dari akademi dengan penghargaan tertinggi. Ia meyakinkan Ny. Thompson bahwa dia tetap guru yang disukai dan paling baik yang pernah dimiliki sepanjang hidupnya.

Kemudian, empat tahun berlalu dan surat yang lain datang. Kali ini Teddy menjelaskan, setelah meraih gelar sarjananya, ia memutuskan untuk pergi lebih jauh. Dalam suratnya, Teddy menjelaskan bahwa dia tetap guru yang disukainya. Surat itu ditandatangi atas nama, Theodore F. Stoddard, MD.

Cerita belum berakhir. Surat lain kembali datang. Teddy bercerita, ia bertemu dengan seorang gadis dan akan menikah. Ia menjelaskan ayahnya telah meninggal beberapa tahun lalu dan ia berharap Ny. Thompson bersedia duduk di kursi yang biasanya disediakan untuk ibu pengantin pria. Tentu saja, Ny. Thompson bersedia melakukannya.

Dan coba tebak? Ny. Thompson mengenakan gelang pemberian Teddy dulu, dengan mengganti beberapa batu yang hilang. Ia memastikan memakai parfum yang sering dipakai ibu Teddy. Mereka berpelukan, dan Dr. Stoddard berbisik di telinga Ny. Thompson, “Terima kasih Bu Thompson mempercayai saya. Terima kasih banyak telah membuat saya merasa penting dan memperlihatkan bahwa saya dapat membuat perbedaan.”

Ny. Thompson, dengan air mata di pelupuk matanya, berbisik kembali, “Teddy, Anda telah mengajari saya untuk membuat perbedaan. Saya benar-benar tidak tahu caranya bagaimana mengajar sampai bertemu denganmu.”

Pesan dari cerita ini, di mana pun Anda pergi, dan apa pun yang Anda lakukan, Anda memiliki kesempatan untuk menyentuh dan/atau mengubah pandangan seseorang. (*)