Kiat Sukses Reservasi

Rusman Nurjaman

Editor

Kiat Sukses Reservasi
Kiat Sukses Reservasi

Intisari-Online.com - Demi kepraktisan, para pelancong melakukan reservasi penginapan secara online. Namun sesampainya dii penginapan justru mendapati kekecewaan, karena kamar yang diberikan tak sesuai yang dipesan.

Berikut ini panduan melakukan reservasi penginapan secara online demi menghindarkan Anda dari hal-hal yang tidak diinginkan.

  • Telepon langsung pihak hotel.Selain lebih jelas, juga lebih personal. Konfirmasi nomor kamar yang Anda pesan, juga tanyakan secara mendetail layanan dan fasilitas yang Anda inginkan, sekaligus - bila ada - tawaran diskon atau promosi lain.

  • Eja nama Anda secara benar.Kesalahan pencantuman nama - tidak sesuai dengan tanda pengenal resmi atau KTP - akan berujung pada kekecewaan: nama Anda tidak terdaftar di data komputer penginapan dan kamar pun tidak tersedia.

  • Jumlah orang menginap.Pihak penginapan perlu mengetahui apakah Anda menginap sendirian atau bersama orang lain. Sebutkan jumlahnya secara mendetail.

  • Tanyakan tarif kamar per malam.Sebelum mengonfirmasi reservasi, Anda harus mengetahui secara pasti tarif kamar per malam berikut pajak. Gunakan kartu kredit yang valid untuk menjamin kamar tersedia bagi Anda.

  • Sebutkan tipe kamar spesifik.Single bad atau twin sharing? Merokok atau tidak merokok? Hal-hal sepele seperti ini dapat menjadi penting bila tidak dikonfirmasikan kepada pengelola penginapan. Terlebih apabila Anda mengidap penyakit tertentu seperti asma.

  • Waktu check in dan check out.Biasanya pihak penginapan melakukan verifikasi waktu kedatangan dan keberangkatan agar klop dengan ketersediaan kamar. Jangan sampai Anda sudah kadung datang sementara penginapan penuh sehingga tidak beroleh kamar.

  • Kebijakan pembatalan reservasi.Apabila Anda ternyata batal menginap lakukan pembatalan sebelum batas waktu yang ditetapkan oleh pengelola penginapan. Hal ini demi melindungi kartu kredit Anda agar tidak semena-mena dikenakan biaya oleh pengelola penginapan. (Christantiowati/NG Traveler)