Keterlambatan Bahasa Anak Tanda Masalah Perilaku

K. Tatik Wardayati

Editor

Keterlambatan Bahasa Anak Tanda Masalah Perilaku
Keterlambatan Bahasa Anak Tanda Masalah Perilaku

Intisari-Online.com – Seberapa baikkah anak Anda bisa berbicara? Para peneliti mengingatkan bahwa keterlambatan bahasa pada anak tanda masalah perilaku di kemudian hari.

Kemampuan bahasa anak yang buruk pada usia tiga tahun bisa menjadi tanda dari masalah perilaku di kemudian hari. Para peneliti mengatakan jika anak-anak hingga berumur 3,5 tahun masih tertinggal dalam kemampuan bicara, sebaiknya orangtua segera menghubungi dokter.

Penelitian dari Indiana University melacak hubungan antara kemampuan bahasa awal dan masalah perilaku pada anak-anak di kemudian hari.

Kemampuan bahasa yang buruk membatasi kemampuan untuk mengendalikan perilaku seseorang, yang pada gilirannya dapat menyebabkan masalah perilaku seperti ADHD dan gangguan lain dari kurangnya perhatian dan hiperaktivitas. Keterlambatan bahasa anak inilah jadi tanda masalah perilaku anak di kemudian hari.

(Baca juga: Kemampuan Bicara Pengaruhi Prestasi Anak)

Para peneliti mengikuti sekelompok 120 balita selama setahun, dimulai ketika mereka berusia 2 ½ dan berlanjut hingga mereka berumur 36 bulan dan 42 bulan. Pada setiap titik-titik ini mereka menguji keterampilan bahasa dan perilaku pengaturan diri dengan menggunakan tes untuk pemahaman verbal dan berbicara kosakata, serta tiga tugas mengukur kemampuan mengatur diri sendiri. “Anak-anak menggunakan bahasa dalam bentuk berbicara sendiri sebagai alat untuk membantu mereka mengendalikan perilaku mereka dan membimbing tindakan mereka, terutama dalam situasi sulit,” kata Isaac Petersen dari Program Ilmu Klinis Departemen Psikologis dan Ilmu Otak Indiana University, seperti dilansir Daily Mail.

Anak-anak yang tidak memiliki keterampilan bahasa yang kuat, sebaliknya, kurang mampu untuk mengatur perilaku mereka dan akhirnya lebih mungkin mengembangkan masalah perilaku, sambung Petersen.

Otak anak-anak paling mudah dibentuk sebelumnya, terutama untuk masalah bahasa, jelas John Bates, Profesor di Departemen Psikologi dan Ilmu Otak. Anak-anaklah yang paling mungkin memperoleh keterampilan bahasa dan pengaturan diri sejak dini.

Jangan berharap bahwa semua anak akan berada pada tingkat yang sama sejak awal. Kalau bahasa mereka lambat dan pengaturan diri yang kurang, mereka cenderung untuk mengejar ketinggalan dengan dukungan yang tepat. Nah, di antara mereka yang terlambat itu, beberapa bisa mengembangkan masalah perilaku.

(Baca juga: Kemampuan Bahasa Meningkat Kalau Sering Diajak Bicara)

Jika pada usia 3,5 tahun anak masih tertinggal, masih mungkin dilakukan pengobatan untuk kemampuan bahasa dan keterampilan pengaturan diri. Lebih cepat lebih baik. (*)