Intisari-Online.com- Ketika menonton televisi otak bekerja penuh melihat rangkaian gambar juga gelombang suara secara bersamaan, namun pernakah kita penasaran apa yang terjadi pada otak kita ketika melihat iklan di tv?
Menggunakan sensor electroencephalography (EEG) yang dapat membaca gelombang otak, sebuah penelitian terbaru menemukan bahwa iklan yang menampilkan anjing yang mengambil sekaleng bir akan lebih menarik perhatian daripada iklan yang menampilkan adegan orang berciuman.
"Iklan yang lebih menarik perhatian kita menyebabkan pengolahan sensorik yang lebih dalam terhadap konten," kata Matthew Bezdek, seorang peneliti postdoctoral di Georgia Tech School of Psychology.
(Baca juga: Beda Otak Pria dan Wanita)Ia dan peneliti lain dengan menggunakan magnetic resonance imaging (MRI) untuk menemukan bahwa daerah otak yang berhubungan dengan visual, pendengaran dan perhatian menentukan iklan mana yang menarik perhatian kita ketika menonton televisi.
"Ketika dua orang menonton video perbandingan dua iklan, otak mereka merespon sama tetapi hanya jika video tersebut menarik," kata penulis senior Lucas Parra. "Ini juga menunjukkan kepopuleran iklan yang menarik perhatian membuat gelombang otak menjadi sangat handal dan secara otomatis bisa sinkron dengan sesuatu yang memang menarik perhatian."
Hasil “sinkronisasi” otak tesebut didukung dengan berbagai tingkat akurasi misalnya dengan jumlah tweet dari masyarakat terkait video iklan yang diujikan, dan juga berdasarkan penilaian dari USA Today Super Bowl Ad Meter. Misalnya iklan dengan adegan anjing yang mengambil satu kaleng bir dinilai sebagai iklan tervavorit tahun 2012, sedangkan iklan dengan adegan berciuman itu menempati peringkat terburuk.(Baca juga:Bagaimana Otak Anak Mengingat Rumus Matematika dengan Mudah?)Seperti dilansir oleh news.discovery.com, para peneliti berencana untuk menyelidiki apakah metode serupa dapat digunakan untuk mendiagnosis gangguan saraf seperti gangguan perhatian defisit atau kognitif ringan.Jadi, apa yang terjadi pada otak kita ketika meliat iklan di TV? Ternyata, otak akan tersinkronisasi secara otomatis menaruh perhatian lebih pada iklan-iklan yang menarik ketimbang pada iklan yang biasa-biasa saja, mengesankan!