Intisari-Online.com - Sejak Selasa (11/11/2014), para pengguna Facebook di Indonesia, khususnya Jakarta sedang ramai diisi oleh foto yang dibagikan seorang pengguna Facebook. Foto tersebut menunjukkan aksi Supriatna, petugas KRL Serpong-Tanah Abang yang rela jongkok demi obati penumpang yang terluka.
Foto yang diunggah oleh pengguna Facebook dengan nama Priska Devina Handoko tersebut terdiri dari empat foto. Di foto pertama, terlihat seorang petugas keamanan KRL sedang berlutut sambil memegang botol cairan antiseptik. Sementara itu seorang wanita yang menggunakan baju kuning serta rok selutut berdiri di depannya.
Ternyata petugas tersebut baru saja mengolesi wanita tersebut yang diketahui terluka karena baru saja terjatuh. Foto-foto berikutnya diakhiri dengan sang petugas kembali berdiri menjaga pintu KRL sambil membelakangi wanita yang baru saja diobatinya tersebut.
Berikut ini caption dari foto aksi Supriatna, petugas KRL Serpong-Tanah Abang yang rela jongkok demi obati penumpang tersebut:
"Kenapa, Bu...?" tanyanya pada seorang ibu yang baru masuk ke kereta api di peron khusus perempuan.
"Saya jatuh tadi," jawab si ibu.
Dari kantong putih dekat pentungannya, dikeluarkanlah obat Betadine ukuran kecil.
Kemudian, tak disangka, ia membungkuk, lalu jongkok untuk mengobati luka di kaki penumpang yang baru masuk kereta tersebut.
Saya tercekat. Buru-buru saya keluarkan hp saya. Foto sebisa saya moment seperti ini.
Sebuah pemandangan yang jarang dijumpai. Seorang petugas mau melayani penumpang umum sampai sedemikian.
Namanya: Supriatna. Sudah hampir lima tahun bekerja.
Salut saya padanya.
Selain mengobati si ibu, ia juga ringan tangan membantu penumpang yang kewalahan menurunkan barang.
Semoga lebih banyak petugas yang karakter pelayanannya seperti ini.
Jempol banget buat Pak Supriatna.
(Kereta api Tanah Abang - Serpong, 9 Nov 2014)
Banyak komentar positif bermunculan terkait foto Supriatna, petugas KRL Serpong-Tanah Abang yang rela jongkok demi obati penumpang tersebut. Seperti akun Indri Amelia yang berujar “Keren ya Bu...ngerti banget fungsinya sbg manusia...thanks Bu Priska Devina Handoko...” Ada pula akun Gunawan Ardiyanto yang berujar “Thanks bu, org lebih sering menceritakan "keburukan" petugas drpd menceritakan "kebaikan2" petugas, cerita ini akan menjadi salah satu Bab di buku terbaru saya ttg Customer Service, Gbu, thanks for sharing.”