Intisari-Online.com - Menurut hasil survei belanja liburan terbaru terhadap konsumen Groupon di 12 wilayah pasar, 40% orang Indonesia berencana untuk memberikan hadiah unik, hadiah khusus atau yang lain dari biasanya ketika musim liburan.
Jika memiliki tambahan anggaran untuk hadiah liburan, 53% responden dari Indonesia memilih akan menghabiskannya untuk sesuatu yang menyenangkan diri mereka sendiri.
Selain itu, survei ini juga mendapati bahwa selain Taiwan dan Malaysia, orang Indonesia merupakan konsumen melalui perangkat mobile tertinggi di wilayah pasar Asia Pasifik. Dimana 66% responden berniat untuk membeli hadiah melalui perangkat mobile.
Menariknya, pembelian yang dilakukan melalui perangkat mobile, dapat lebih dari setengah (53%) anggaran belanja hadiah. Lebih tinggi dibanding berbelanja di toko (37%), dimana hal ini menampilkan semakin populernya gaya hidup digital di Indonesia.
Ditemukan pula 10 kategori paling populer bagi orang Indonesia yang menjadi pilihan utama saat belanja liburan tahun ini, yaitu:
1. Restoran (61%)
2. Paket Liburan (59%)
3. Pakaian dan sepatu (47%)
4. Paket aktifitas (40%)
5. Barang yang unik (40%)
6. Elektronik pribadi (38%)
7. Hiburan (31%)
8. Voucher belanja (30%)
9. Perawatan kecantikan atau spa (27%)
10. Mainan (26%)
“Hasil survei kami menunjukkan bahwa Indonesia memimpin wilayah dengan kebiasaan mereka dalam memberi hadiah dan belanja online melalui smartphone dan tablet," ujar Indrasto Budisantoso, CEO Groupon Indonesia
Kisaran jumlah dana yang dihabiskan adalah Rp420 ribu untuk memberikan sekitar 5 buah hadiah untuk keluarga dan teman-teman. Berdasarkan survei, 51% responden telah menyiapkan aktifitas membeli hadiah ini sekurangnya 1-2 bulan sebelumnya.
Untuk membantu konsumen menemukan hadiah yang tepat musim liburan ini, Groupon telah meluncurkan berbagai penawaran meriah bertema liburan, teknologi, pilihan bersantap, serta beragam aktifitas liburan yang memanjakan di www.groupon.co.id. (Groupon Indonesia)