Intisari-Online.com – Penelitian terbaru baru saja menemukan hal mengejutkan berupa alasan ilmiah mengapa siswi sekolah dasar mendapat nilai matematika lebih jelek dari siswa lelaki.
Menurut studi itu, para guru sekolah dasar mungkin memberi nilai jelek pada siswi Sekolah Dasar (SD) secara tidak sadar. Penelitian ini dilakukan oleh dua orang bernama Edith Sand dan Victor Lavy asal Tel Aviv University, Israel.
Dua peneliti ini melakukan analisa terhadap hasil tes matematika dari sekitar 3.000 anak kelas 6 SDE di Israel. Mereka melihat cara guru menilai tes dengan dua cara. Yang pertama mereka meminta guru menilai tes matematika anak didiknya sendiri. Kedua, mereka diminta menilai hasil tes anak didik orang lain dan mereka tidak diberitahu gender pemilik tes yang dinilainya.
Hasilnya cukup unik. Para peneliti melihat bahwa secara umum guru-guru memberikan nilai yang lebih baik pada siswa laki-laki (yang dikenalnya). Nilai siswa laki-laki yang dikenal oleh guru juga lebih tinggi dari nilai rata-rata siswa yang tidak diajar sendiri oleh sang guru.
Hal ini cukup mengejutkan peneliti karena sebagian besar guru yang dianalisis adalah perempuan. Menurut Vedantam, hal ini mungkin terjadi dalam alam bawah sadar dan sang guru tidak pernah bermaksud melakukan itu secara sadar. Semoga saja bias gender ini hanya terjadi di Israel saja dan tidak berlaku di negara-negara lain.
(yahoo.com)