Intisari-Online.com – Cara terbaik untuk mengatasi perbedaan ialah berbicara secara langsung dengan orang yang konflik dengan Anda. Carilah waktu yang pas. Berikut ini beberapa petunjuk yang bermanfaat.
- Bicarakan masalahnya secara pribadi. Pilih tempat yang netral, lalu sepakati waktunya. Lakukan pendekatan dengan orang tersebut dengan sikap yang tidak mengancam, misalnya, “Sayaingin bicara sesuatu dengan Anda. Saya merasa …” Kalimat pembuka lainnya, “Kalau Anda punya waktu, saya ingin mengklarifikasi sesuatu.”
- Jangan menyalahkan orang lain. Gunakan pernyataan: “Saya… (pernyataan). Pernyataan semacam itu akan membuat orang lain tidak begitu defensif atau marah.
- Jadilah pendengar yang baik. Memahami sudut pandang orang lain dapat membantu mengurangi stres dan kemarahan.
- Fokuskan pada penyelesaian masalah. Dalam berargumentasi jangan menyimpang dari persoalan.
- Cari bantuan. Bicarakan dengan pembimbing di kantor yang dapat membantu menjalin diskusi dan komunikasi yang baik.
Setelah ini, diharapkan Anda pun berteman baik kembali dengan rekan Anda. (
Mayo Clinic Guide to Self Care)