Intisari-Online.com - Pemimpin tahu bahwa mereka harus mendengarkan untuk memimpin dengan baik. Jika Anda ingin pelanggan setia dan berdedikasi maka Anda harus mencoba mendengarkan juga.Namun mendengarkan ada tekniknya tersendiri, seringkali ada yang berpura pura mendengar atau bahkan cuek saja tidak mendengarkan sama sekali.Namun manfaat mendengarkan adalah bisa mempelajari banyak hal mengenai seseorang, motivasinya dan ilmu baru. Dari bawahan bisa jadi atasan mempelajari sesuatu yang baru dan membantu hubungan atasan dan bawahan. Selain itu mendengarkan membuka sekat antar jabatan serta atasan dan bawahan.Sayangnya banyak atasan tidak melakukan hal ini. Mereka lebih suka berbicara daripada mendengarkan. Mendengarkan bisa terganggu banyak hal, tempat kerja yang bising, ketidaknyamanan fisik dan gangguan pendengaran lainnya.Halangan psikologis adalah seperti atasan yang menganggap dirinya benar sehingga malas mendengarkan. Halangan ini harus dilewati agar atasan bisa dekat dengan bawahan dan perusahaan maju.Mendengarkan bukan hal yang memalukan bahkan dianggap sebagai sifat terbuka yang penting bagi seorang atasan agar mampu memberikan pandangan lebih baik.(BusinessNewsDaily)