Intisari-Online.com - Dianggap KKN (Korupsi Kolusi dan Nepotisme) oleh rekan kerja lantaran ada hubungan keluarga dengan atasan memang bikin kita jadi serba salah. Agar terhindar dari gosip-gosip di kantor, coba langkah ini:1. Untuk performa kerja yang sifatnya bisa dilihat (tangible), seperti menjalankan proyek atau event, maka hasilnya relatif mudah dinilai. Namun, untuk performa kerja yang prosesnya lebih internal dan sulit terlihat (intangible), sebaiknya dilakukan secara tertulis. Misalnya, saat kita memberikan ide atau membuat konsep acara, lakukan lewat email ketimbang bicara langsung atau by phone. Sehingga ada bukti nyata kalau itu merupakan hasil pemikiran kita.2. Kurangi percakapan yang sifatnya non-kerja dan tidak relevan dengan pekerjaan selama jam kantor. Ini akan membuat kita terlihat lebih profesional.3. Hati-hati dalam memberikan opini tentang rekan kerja Anda pada atasan atau pihak manapun. Usahakan obyektif, faktual, bisa dibuktikan, serta tidak menghakimi. Sehingga karyawan lain merasa nyaman berbicara dengan Anda. Selamat mencoba! (chicmagz)