Intisari-Online.com - Sebuah penelitian mengungkapkan, terlalu sering rapat dapat membuat produktivitas kerja menurun.
Dengan masa kerja 40 jam seminggu (rata-rata 8 jam setiap hari),meetingatau presentasi kerja 7,5 jam seminggu dianggap membuang-buang waktu. Sebanyak empat dari lima pekerja (79 persen) mengatakan, akan lebih baik jika waktu itu mereka gunakan untuk meningkatkan produktivitas.(Baca juga:Tips Agar Rapat Anda Efektif)Dalam penelitian yang dilakukan oleh Sharp, Inggris, itu, terungkap, satu dari delapan orang Inggristertidur selama presentasi kerja. Itu artinya, hampir setengah atau 44 persen dari pekerja Inggris telah melihat orang lain terkantuk-kantuk. Nah, orang yang mengantuk atau tertidur, orang tersebut memang tidak benar-benar menggunakan waktunya untuk bekerja. Inilah yang membuat produktivitas kerja menurun.
Penelitian itu juga mengatakan, satu dari 10 orang Inggris merasa bosan saat presentasi. Saking bosannya, mereka rela berbohong demi bisa meninggalkan ruang presentasi. Sedangkan sebanyak enam dari 10 orang (61 persen) mengatakan, mereka menganggap presentasi itu terlalu lama, dan 56 persen lainnya menganggap pembicaranya lah yang membosankan.(Baca juga:5 Langkah Agar Rapat Efektif dan Efisien)
Sisanya, mengaku tetap antusias dan bersemangat mengikuti presentasi. Hanya seperlima (21 persen) saja yang ingin sekali menginterupsi rapat tetapi tidak mendapat kesempatan untuk melakukannya. Hal itu membuat sepertiga (34 persen) audiens tetap tenangmenghabiskan sisa waktu presentasi dengan melamun.(Ester Manullang/ Tabloid Nova)