Intisari-Online.com. -Ketika berada di tempat kerja, kebanyakan dari kita seolah terlalu sibuk hingga tak ada untuk memperhatikan perilaku. Tapi tahukah Anda, bahwa cara Anda berperilaku dengan rekan kerja Anda sangat menentukan, tidak hanya bagaimana orang melihat Anda, tapi juga produktivitas Anda? Apa yang Anda katakan akan membangun citra Anda yang secara langsung berkaitan dengan grafik karir Anda.Oleh karena itu, Anda harus melihat sebelum melompat, dan berpikir sebelum berbicara. Ini dia 5 hal yang sebaiknya tak Anda katakan di tempat kerja.1. “Itu bukan pekerjaan saya”Semua orang tahu bahwa itu bukan pekerjaan Anda, tetapi jika Anda diminta untuk melakukannya, harus ada alasan yang baik untuk menolaknya.Jika orang lain melakukannya dengan sempurna, kredibilitas dan keandalan Anda bisa turun drastis. Mungkin Anda sedang diberi tugas untuk mengukur kemampuan Anda atau karena Anda dipercaya, yang malah membuat Anda menjadi tidak lagi dihormati.(Baca juga:Dilema Etika di Tempat Kerja)2. “Akan saya coba”'Mencoba' tidak sama artinya dengan 'melakukan', itulah mengapa sebaiknya Anda tidak mengatakan “Akan saya coba” karena Anda hanya ‘menggantungkan’ tugas untuk Anda tersebut. Tak ada yang bisa dipegang dari kata-kata tersebut.Faktanya, bos tidak ingin Anda 'mencoba'. Dia ingin Anda bekerja. Anda tidak berada pada pelatihan atau workshop-Anda melakukan pekerjaan. Ketika Anda mengatakan Anda akan mencoba, Anda menunjukkan kurangnya rasa percaya diri dan harga diri yang rendah. Anda dapat mengambil bantuan dari seseorang atau bahkan mencari saran atasan Anda jika Anda merasa kesulitan.3. “Aku membenci dia.”Setiap orang yang bekerja memiliki kecenderungan untuk digosipkan di tempat kerja. Hal ini masuk akal, karena saat bekerja dengan sejumlah besar orang dalam suatu organisasi, tidak semua orang akan berubah menjadi super ramah dan riang. Akan selalu ada orang-orang yang marah-marah, mudah tersinggung, kasar dan rewel. Anda akan membenci mereka, percayalah. Tapi Anda tidak pernah bisa mengatakan bahwa Anda membenci mereka. Tidak di tempat kerja.(Baca juga:Seperlima Pegawai Tidak Bahagia di Tempat Kerja)4. “Saya tidak bisa melakukan apapun untuk tugas itu.”Selalu ada sesuatu yang dapat Anda lakukan untuk tugas apapun. Ketika Anda mengatakan bahwa Anda tidak dapat melakukannya, itu berarti Anda telah memikirkan hal-hal yang belum tentu terjadi dari setiap kemungkinan yang tersedia. Tapi jangan pernah Anda mengatakan bahwa Anda tidak bisa melakukan apa-apa untuk suatu tugas. Jadi sekali lagi, berpikir sebelum berbicara karena sesuatu yang negatif atau pesimis yang Anda katakan dapat membuat kesan membekas, bahwa Anda orang yang tak bisa diandalkan.5. “Saya sangat sibuk!”Anda tidak pernah terlalu sibuk untuk sebuah tugas dari atasan. Jika ada pekerjaan, lakukanlah. Ketika Anda mengatakan Anda terlalu sibuk, berarti bahwa Anda terlalu banyak bekerja, yang bukan merupakan hal yang keren untuk dikatakan di tempat kerja. Anda harus senang dengan pekerjaan yang Anda punya dan jika ada tambahan datang pekerjaanpun, jelaskan situasi Anda, bukannya menolak langsung.Itu tadi 5 hal yang sebaiknya tak Anda katakan di tempat kerja. Apakah Anda sudah pernah mengatakan salah satunya?(Magforwomen/berbagai sumber)