Ini Tantangan Saat Bekerja di Rumah

Birgitta Ajeng

Editor

Ini Tantangan Saat Bekerja di Rumah
Ini Tantangan Saat Bekerja di Rumah

Intisari-Online.com - Meskipun bekerja dari rumah terdengar sebagai alternatif yang lebih menguntungkan dibandingkan harus menempuh perjalanan melelahkan menuju kantor dan harus duduk di kantor selama delapan jam sehari, konsep bekerja di rumah belum tentu cocok untuk semua orang. Lagipula ada beberapa tantangan saat bekerja di rumah seperti berikut ini.

1. Atur waktu

Banyak anggapan bekerja dari rumah memiliki kelebihan dalam hal waktu yang fleksibel dan hemat biaya. Kenyataannya, hal-hal tersebut belum tentu benar. Tak jarang para freelancer justru kebanjiran order di hari libur. Oleh karena itu, siapkan mental untuk menghadapi perubahan rutinitas dulu sebelum memutuskan bekerja dari rumah. Jangan lupa, atur kembali kebutuhan waktu untuk bekerja dan waktu untuk keluarga.

Tak seperti di lingkungan kantor, bekerja dari rumah penuh dengan “godaan” yang dapat membuat produktivitas berkurang. Anak-anak merajuk minta ditemani bermain, pakaian kotor yang menggunung, atau setumpuk cucian piring, semua bisa menjadi distraksi. Agar tetap disiplin, sangat penting untuk memiliki jam kerja yang jelas. Misalnya, ambil waktu di pagi hari ketika anak-anak ke sekolah dan suami ke kantor.

(Baca juga:6 Hal Terlarang Saat Wawancara Kerja)

2. Sudut kerja

Bayangkan jika Anda bekerja di sofa ruang keluarga dan masih mengenakan piyama, sementara laptop terbuka di meja dan stoples camilan di tangan. Belum lagi, suara televisi bersahut-sahutan dengan suara anak-anak bermain. Pasti konsentrasi Anda sekejap hilang, mood menurun, dan Anda akan berakhir tanpa mengerjakan apa pun.

Bekerja dari rumah bukan berarti Anda tak bisa memiliki kantor. Sulap sebuah ruangan di rumah menjadi kantor pribadi dengan meletakkan perlengkapan kerja seperti laptop, mesin faks, telepon, dan berkas-berkas di sana. Jika perlu, tutup pintu ketika Anda bekerja. Beri pengertian ke orang-orang rumah, terutama buah hati, bahwa Anda sedang bekerja dan tidak bisa diganggu. Bisa juga dengan membuat peraturan yang disepakati bersama.

3. Jadwal seminggu

Memang, bekerja dari rumah berarti tak ada bos di depan mata yang mengawasi dan memburu-buru pekerjaan Anda. Namun, bekerja dari rumah juga bukan berarti tanpa jadwal kerja yang jelas.

Tantangan saat bekerja di rumah adalah Anda perlu memiliki jadwal kerja mingguan yang diturunkan menjadi daftar pekerjaan per hari. Ini memudahkan Anda memetakan pekerjaan. Jika tidak, pekerjaan akan menumpuk dan bukan mustahil di akhir pekan Anda justru tetap harus bekerja. Kuncinya, bekerja dari rumah harus well organized , memiliki manajemen waktu yang baik, serta mampu memotivasi diri sendiri.

4. Tetap networking

Bekerja dari rumah terkesan monoton dan mengurangi kesempatan Anda bertemu dengan “dunia luar” atau orang-orang baru. Siasati dengan cara keluar dari rumah. Jangan melulu berkomunikasi lewat e-mail atau messenger , tak ada salahnya sesekali membawa laptop kesayangan ke coffee shop favorit, melakukan lunch meeting dengan relasi, atau hangout bersama teman.

(Baca juga: Hindari Kata-kata Ini Saat Menghadapi Anak Buah)

Bertatap muka atau setidaknya bertelepon akan menambah ilmu, networking , dan yang terpenting adalah menjadi ajang refreshing setelah lama “terkurung” di rumah. Aktif di dunia media sosial juga dapat memperluas network , kok, misalnya melalui twitter atau LinkedIn.

5. Pemasukan Tak Tentu

Selain ritme kerja yang berubah, penghasilan Anda juga akan berubah ketika memutuskan bekerja dari rumah. Bisa lebih kecil atau justru lebih besar. Semuanya tak tetap, tergantung banyaknya pengorder. Di bulan ini mungkin Anda akan ramai order, sementara di bulan berikutnya sangat sepi. Belum lagi, transfer honor yang tak tepat waktu pun dapat menghambat pemasukan.

Jalan keluarnya, Anda harus selalu memiliki batas pengeluaran setiap bulan sehingga saat pendapatan jauh di atas angka tersebut, bisa Anda tabung untuk “menyelamatkan” dompet saat sedang minim order.

Nah, itu tadi beberapa tantangan saat bekerja di rumah. Semoga bermanfaat. (tabloidnova.com)