Bisnis Kado Online (1): Kadonya Istimewa, Orang-Orangnya Bahagia

Birgitta Ajeng

Editor

Bisnis Kado Online (1): Kadonya Istimewa, Orang-Orangnya Bahagia
Bisnis Kado Online (1): Kadonya Istimewa, Orang-Orangnya Bahagia

Intisari-Online.com -Siapa sih, yang tidak senang dikasih kado? Senang diberi kado sekaligus juga bahagia jika mampu memberi kado, memunculkan peluang bisnis. Sebuah bisnis yang membahagiakan banyak orang.Mungkin Anda pernah seperti Antonius Taufan yang sering kali bingung saat harus memilih kado untuk Ibundanya. Banyak barang yang sudah dibeli dan diniatkan untuk kado, ujung-ujungnya malah jadi tumpukan tak berguna.Padahal belinya saja mungkin dengan susah payah. Misalnya, ketika terakhir kali Taufan memberikan setrika uap yang akhirnya malah cuma berakhir di gudang.Dari pengalaman itu, Taufan malah mencium peluang bisnis. Pada 2011 ia mulai merintis Fokado (www.fokado.com), sebuah gerai online yang menawarkan kado berupa pengalaman (experience gift).Di sini yang ditawarkan sama sekali bukan barang, melainkan pengalaman-pengalaman seru. Belajar memasak, pengalaman menunggang kuda, dan belajar memanah adalah beberapa contohnya.Mekanismenya begini. Jika ada pembeli yang memesan kado berupa pengalaman belajar memasak untuk istrinya, maka pada hari yang ditentukan akan datang chef ke rumah. Chef lalu mengadakan kursus singkat membuat sushi selama empat jam.Ada pula kado berupa pengalaman berkuda yang diberikan untuk kekasih. Pada hari yang disepakati, pasangan itu akan datang ke tempat yang telah disiapkan oleh Fokado di Sentul City, Jawa Barat. Di sana keduanya akan bersama-sama menunggang kuda selama setengah jam, di bawah tuntunan penjaga. Seru? -bersambung-