Kemampuan Individu dalam Memberikan Respons atau Tindakan Sesuai dengan Perasaan/Perilaku Orang Lain Dipahami sebagai Konsep...

Moh. Habib Asyhad
Moh. Habib Asyhad

Editor

Kemampuan individu dalam memberikan respons atau tindakan sesuai dengan perasaan/perilaku orang lain dipahami sebagai konsep actionable empathy alias empati actionable (freepik)
Kemampuan individu dalam memberikan respons atau tindakan sesuai dengan perasaan/perilaku orang lain dipahami sebagai konsep actionable empathy alias empati actionable (freepik)

---

Intisari hadir di WhatsApp Channel, follow dan dapatkan berita terbaru kami di sini

---

Intisari-Online.com -Seorang guru perlu memberikan respon terhadap perasaaan atau perilaku orang lain. Dalam hal ini adalah murid. Tujuannya supaya kegiatan belajar mengajar berjalan sesuai yang diinginkan.

Kemampuan individu dalam memberikan respons atau tindakan sesuai dengan perasaan/perilaku orang lain dipahami sebagai konsep actionable empathy alias empati actionable.

Empati actionable bisa dipahami sebagai kemampuan individu untuk tidak hanya memahami dan merasakan apa yang dialami orang lain. Lebih dari itu, turut mengambil tindakan, atau respon, sesuai dengan apa yang dirasakan oleh orang lain tersebut. Terdapat empat kompetensi yang diperlukan dalam pendidikan dan relasi sosial yaitu EMC2 alias empathy, mindfulness, compassion, dan critical yang merupakan singkatan dari:

1.Empathy

Empathy atau empati adalah kemampuan untuk mengenali dan memahami serta ikut merasakan perasaan emosi orang lain sehingga dapat perspektif atau sudut pandang pandang orang lain. Goleman (2007) dalam Hoerr (2010) menjelaskan setidaknya ada tiga kategori empati.

- Cognitive empathy (empati kognitif) adalah kemampuan individu dalam mengetahui dan memahami perasaan yang dimiliki oleh orang lain. Cognitive empathy diperoleh melalui receptive learning (pembelajaran yang terbuka dan bersahabat) melalui information gathering dan mempelajari situasi serta perspektif orang lain.

- Emitional empathy (empati emosional) adalahkemampuan individu dalam merasakan apa yang orang lain rasakan. Hal ini biasanya diperoleh dari interaksi dengan orang interaksi dengan orang lain sehingga dapat memahami dan menghargai perasaan orang lain.

- Actionable empathy (empati actionable/empat sikap?) adalahkemampuan individu dalam memberikan respon atau tindakan sesuai dengan perasaan orang lain.

2. Mindfulness

Mindfulness pada pembelajaran merupakan kesadaran merupakan kesadaran penuh yang penuh yang akan muncul akan muncul saat seseorang memfokuskan perhatiannya pada suatu topik tertentu. Sikap mindfulness ini dilakukan secara sengaja berlandaskan rasa ingin tahu yang tinggi.

Pada penerapan mindfulness terdapat beberapa kata kunci yang penting diperhatikan, yaitu perhatian secara sengaja, rasa ingin tahu, kesadaran, saat ini, dan kebaikan. Semua kata kunci tersebut membuka keterikatan.

3. Compassion

Compassion adalah bentuk aksi dan emosi yang membuat seseorang menunjukkan kepedulian dan memberikan bantuan kepada orang lain. Dalam pembelajaran di kelas compassion dapat menimbulkan kesadaran para murid dalam merumuskan cita-cita hidup mereka yang mulia.

Misalnya seorang murid ingin menjadi dokter karena mempunyai hasrat kuat untuk menolong pasien yang sakit; arsitek karena bersedia mendesain rumah-rumah sederhana bagi orang miskin; dan pedagang karena mau membantu para pembeli yang membutuhkan barang-barang dengan harga yang wajar.

4. Critical

Critical inquiry adalah kemampuan individu dalam memperoleh sebuah informasi melalui informasi melalui pengamatan, pengalaman, pemikiran, penalaran, dan penilaian diri sendiri kemudian dianalisis untuk dipahami.

Begitulah,kemampuan individu dalam memberikan respons atau tindakan sesuai dengan perasaan/perilaku orang lain dipahami sebagai konsep actionable empathy alias empati actionable.

Artikel Terkait