Menguji Toyota Etios Valco di Kota Pahlawan

Tjahjo Widyasmoro

Editor

Menguji Toyota Etios Valco di Kota Pahlawan
Menguji Toyota Etios Valco di Kota Pahlawan

Intisari-Online.com - Siapa pun dia, rasanya, akan cukup antusias menerima penawaran test drive terhadap Toyota Etios Valco di kota Surabaya. Tak terkecuali saya. Sebab, pertama, hatchback terbaru produk dari PT. Toyota Astra Motor (TAM) ini sudah lama terdengar keberadaannya hingga sukses menerbitkan rasa penasaran. Kedua, Surabaya dengan segala pesonanya, menjadi kota dengan daya tarik tersendiri untuk menguji keandalan city car yang diprediksi bakal menjadi salah satu bintang di pasar industri otomotif tahun ini.

Rasa salut terhadap Toyota Etios Valco sudah mulai muncul sejak pedal gas pertama kali diinjak dan mobil diajak berlari meninggalkan Bandara Juanda Surabaya. Pada kilometer-kilometer awal, kesan yang langsung terasa adalah pada tarikannya yang cukup responsif. Mesin berkode 3 NR – FR 4, 16 Valve DOHC berkapasitas 1.197 cc ini memang mampu memproduksi tenaga mencapai 80 PS dan torsi 10.6 kgm. Angka 80 PS ini memang cukup baik, meski bukan yang tertinggi pada mobil di kelasnya.

Keluar tol Waru-Juanda dan masuk ke pusat kota, saya dapat merasakan akselerasi pada gigi 1 dan 2-nya yang terasa memiliki “napas panjang”. Bahkan pada gigi 3, Toyota Etios Valco masih cukup bertenaga saat harus melambat menyambut antrian kendaraan. Koplingnya juga terasa ringan saat dipijak. Untuk sebuah mobil perkotaan yang akan berhadapan dengan kepadatan lalu lintas kendaraan, fakta ini tentu menjadi sesuatu yang penting.

Catatan positif Toyota Etios Valco juga patut ditorehkan dari sisi kontrol dan handling-nya yang terasa cukup nyaman. Bermanuver di jalanan yang relatif lengang (dibandingkan dengan Jakarta!) maupun saat melahap sejumlah tikungan dalam kecepatan sedang, semua itu dapat dilakukan dengan bibir tersenyum. Fitur electric power steering yang terdapat pada tipe G dan E, juga semakin menambah nilai positifnya.

Di beberapa ruas jalan yang bergelombang dan kasar, suspensi Toyota Etios Valco juga menunjukkan “kelasnya”. Dengan sistem suspensi MacPherson Strut di depan serta Torsion Beam Suspension di belakang, si mungil ini tidak membuat penumpang terasa terlalu terkocok. Hanya saja, guncangan-guncangan kecil itu tetap terasa kurang nikmat saat disambut oleh jok yang meski ergonomis, namun amat minimalis dalam meredam goyangan tubuh.

Meski diniatkan untuk menjadi city car yang andal, pihak TAM sendiri menyatakan bahwa Toyota Etios Valco juga dapat menjadi penjelajah “antarkota antarprovinsi” yang tangguh. “Dengan kenyamanan dan kestabilannya, Etios juga bisa untuk ke luar kota,” tutur Joko Trisanyoto, Direktur Pemasaran TAM, yang ikut mendampingi rombongan jurnalis saat melakukan test drive di Surabaya, 22-24 Maret 2013.

Hadir dalam tiga varian tipe, yakni tipe G (Rp161,6 juta), tipe E (Rp149,9 juta), dan tipe J (Rp135,5 juta), Toyota Etios Valco memang terasa terjangkau dari sisi harga. Di kelasnya, kini sudah bercokol beberapa nama yang sudah lebih dulu mencuri perhatian masyarakat, antara lain Honda Brio, Nissan March, dan Mitsubishi Mirage.