Intisari-online.com —Ranah kerja profesional dipenuhi dengan kompetensi untuk meraih kesuksesan karier. Agar tak kalah dalam persaingan tersebut, berikut 14 kriteria skill yang harus dimiliki dan selalu dikembangkan.
9. Manajemen Waktu
Produktivitas Anda akan bergantung pada cara Anda memanajemen waktu. Manajemen waktu adalah soal prioritas apa yang harus dikerjakan terlebih dahulu. Sehingga tidak membuat pekerjaan lain terbengkalai dan tidak pula menunda pekerjaan.
10. Membuat atasan terkesan
Adil atau tidak, pendapat atasan memiliki pengaruh yang besar dalam karier Anda. Untuk membuat atasan menyukai Anda bukanlah dengan cara bekerja sekeras mungkin. Namun berupayalah untuk mengatur diri agar apa yang dianggap penting bagi atasan Anda dapat Anda lakukan dengan baik.
11. Meminta nasihat
Kita bisa semakin berkembang dengan nasihat atau pendapat orang lain yang lebih expert dari kita. Jangan takut untuk meminta nasihat mereka, dan jangan takut pula terlihat bodoh. Meminta nasihat justru membuat Anda terlihat lebih kompeten dan membuat mereka yang Anda tanyai merasa memiliki ilmu dan kemampuan.
12. Public Speaking
Public Speaking adalah kemampuan yang penting dalam pengalaman pekerjaan profesional, apapun pekerjaan yang Anda kerjakan. Berbicara dengan orang lain dan di depan umum memang bisa membuat kita gugup dan grogi. Namun belajarlah untuk mengatasi hal itu dengan latihan, latihan, dan latihan.
13. Berani berkata tidak
Usahakan lakukan apa yang terbaik yang Anda bisa lakukan dan ingatlah bahwa Anda tidak bisa menyenangkan semua orang. Katakan tidak jika Anda tidak bisa membantu orang lain karena pekerjaan Anda juga belum selesai.
14. Manajemen waktu tidur yang baik dan cukup
Kurang tidur akan mengganggu proses pekerjaan dan penampilan Anda. Semakin baik Anda mengatur waktu tidur, dan semakin cukup kualitas tidur akan membantu Anda tampil lebih prima dalam pekerjaan.
(Businessinsider.co.id)