Intisari-Online.com - Selain duel antar negara, piala dunia juga menjadi ajang pertarungan industri, termasuk Adidas dan Nike. Nike mengalahkan Adidas lewat gol Mario Gotze pada perpanjangan waktu laga final piala dunia 2014. Gol tersebut membuat Jerman unggul 1-0 atas Argentina.
Nike dan Adidas merupakan perusahaan produsen perlengkapan olahraga yang medominasi industri senilai 5 miliar dollar AS per tahun. Kedua perusahaan menguasai 80% pasar industri perlengkapan olahraga dengan beragam produk.
Sebelumnya seperti dilansir kompas.com, produsen perlengkapan olahraga asal Jerman, Adidas, mengklaim memenangi persaingan dengan kompetitornya, Nike. Klaim tersebut berdasarkan fakta bahwa Adidas adalah sponsor resmi Piala Dunia 2014 dan sponsor dari kedua tim yang berlaga di final yaitu Jerman dan Argentina.
"Adidas akan menjadi merek yang paling terlihat saat final Piala Dunia (2014)," kata CEO Adidas Herbert Hainer seperti dikutip dari Reuters, Kamis (10/7/2014). "Kami sekali lagi mengukuhkan posisi kami sebagai merek (perlengkapan) sepak bola terkemuka di dunia. Adidas jelas adalah nomor 1 dalam sepak bola global."
Klaim ini seakan terbantahkan ketika Mario Gotze yang mempunyai kontrak pribadi dengan Nike seharga $2 juta per tahun menjadi pahlawan Jerman. Dengan sepatu Nike Magista berwarna neon, pemain berusia 22 tahun ini berhasil menyumbangkan satu gol yang menjadi tanda kemenangan Jerman.
Di sisi lain, Adidas mempunyai kesempatan bagus dalam final piala dunia 2014 lewat superstar bola Argentina, Lionel Messi. Namun Messi gagal menyumbangkan gol setelah babak penyisihan group maupun setelah gol Gotze. Ia meluncurkan tendangan langsung dari jarak 25 meter ke arah gawang Jerman, namun dewi fortuna belum berpihak pada Argentina.
Hal ini memperkuat posisi Nike yang unggul atas Adidas. Nike mengalahkan Adidas dengan memiliki 14,1% penjualan global produk olahraga, dibandingkan Adidas yang hanya 9%.
Adidas menargetkan rekor penjualan dari produk terkait sepak bola senilai $2,7 miliar pada 2014. Adapun Nike mematok target $2,3 miliar, untuk tahun fiskal yang akan dilaporkan pada Mei 2015. Dengan periode fiskal yang berbeda diperkirakan Nike mengalahkan Adidas dalam target rekor penjualan.
KOMENTAR