Intisari-Online.com - Banyak bisnis menggunakan media sosial sebagai media pemasaran. Namun, beberapa kesalahan justru akan membuat pelanggan pergi. Berikut 5 kesalahan penggunaan media sosial untuk bisnis.(Baca juga:5 Tips Menggunakan Media Sosial Untuk Pemasaran)1. Kebijakan di media sosialJika bisnis Anda menggunakan media sosial, pastikan Anda memiliki kebijakan tertulis untuk karyawan. Berikan pedoman bagaimana karyawan harus berperilaku secara online. Meskipun bisnis Anda tidak menggunakan media sosial, tapi karyawan Anda mungkin menggunakannya.Jadi, kesepakatan tertulis dengan mereka perlu dilakukan. Inilah alasan mengapa terdapat tulisan "tweets are my own" pada kolom keterangan (bio) Twitter pada banyak karyawan perusahaan terkemuka. Kesepakatan dilakukan untuk memisahkan urusan pribadi karyawan dengan urusan kantor.2. Berpikir tidak ada yang membaca bioBeberapa bisnis gagal dan malas menyelesaikan semua bagian dari profil media sosial mereka. Padahal banyak pelanggan membaca bio untuk mengetahui lebih lanjut tentang bisnis Anda. Selain itu, bio juga dapat menjadi search engine optimization (SEO) emas. Ketika Anda malas mengisi, maka Anda kehilangan potensi. Jadi, isilah bio bisnis selengkap mungkin mulai dari alamat fisik, URL, sejarah perusahaan dan misi saat ini.(Baca juga:Ukur Kicauan Anda)3. Kuantitas vs kualitasKesalahan penggunaan media sosial untuk bisnis selanjutnya adalah lebih mementingkan kuantitas daripada kualitas. Menurut Direktur Pemasaran Senior di SocialChorus, Dave Hawley, beberapa perusahaan bersedia melakukan apa saja untuk mendapatkan lebih banyak pengikut, teman, atau penggemar. Namun, jumlah pengikut tidak mengarah pada penjualan sehingga cara ini membuang waktu.Cara paling kuat untuk menciptakan sebuah komunitas media sosial yang kuat adalah dengan menulis konten menarik dan berinteraksi dengan fans dalam jangka waktu panjang. Dua kata yang perlu diingat yaitu konsistensi dan kreativitas.4. Mengabaikan umpan balik pelangganSetiap komentar, keluhan, pesan, saran, dan pertanyaan dari pelanggan harus direspon dengan cepat dan profesional. Masih banyak perusahaan yang belum menyadari sebagian besar konsumen menggunakan media sosial. Ketika Anda gagal terlibat dalam percakapan di media sosial tersebut, Anda kehilangan kesempatan berharga untuk membentuk citra bisnis Anda.5. Akun kurang aktifJika Anda tidak memperbarui akun media sosial bisnis, maka Anda berisiko kehilangan pelanggan. Banyak ahli merekomendasikan minimal tiga kali dalam seminggu untuk memperbarui akun dengan status, foto, dan lainnya. Anda juga perlu melakukan riset kapan waktu terbaik untuk menulis update atau posting. Pastikan pelanggan yakin akun Anda aktif.Itulah 5 kesalahan penggunaan media sosial untuk bisnis.