Intisari-Online.com - Merek atau brand memang bukan sekadar logo, nama produk atau nama perusahaan. Tetapi merupakan nilai lengkap atas produk dan perusahaan. Tak ayal, brand yang mampu membetot perhatian konsumen memiliki nilai nan fantastis.
Hasil pemeringkatan terbaru Interbrand menyebut: Apple masih menjadi merek termahal nomor wahid di dunia dengan nilai mencapai 170,3 miliar dollar AS, tumbuh 43 persen dari tahun 2014. Hanya, pertumbuhan nilai merek Apple ini kalah dengan Facebook. Media sosial besutan Mark Zuckerberg tersebut berhasil mengerek nilainya hingga sebesar 54 persen menjadi 22 miliar dollar AS di tahun ini.
Popularitas dan nilai brand Apple itu mengungguli mesin mencari Google, yang memiliki nilai brand 120,3 miliar dollar AS. Adapun Coca-Cola yang bisnisnya terancam oleh pola hidup sehat, nyatanya brand yang dimiliki masih cukup kuat di tingkat global, bahkan mengalahkan Microsoft yang hanya bernilai US$ 67,7 miliar.
"Dalam dunia yang terfragmentasi seperti saat ini, bisnis dan merek harus terus bergerak cepat," tandas Jez Frampton, CEO Interbrand seperti dikutip The Telegraph, Senin (5/10/2015).
Dari 100 merek terkenal merek dunia versi Interbrand, ada beberapa pendatang baru. Salah satunya, Lego. Merek mainan bongkar pasang balok plastik kecil warna-warna iniada di peringkat ke 82 dari 100 merek paling bernilai dunia dengan value 5,36 miliar dollar AS. Dari perhitungan Interbrand, 100 merek terkenal , total nilainya mencapai 1,7 triliun dollar AS , naik 7 persen dari tahun lalu.
Sayang, dari 100 merek ternama dunia itu, belum ada satupun merek perusahaan asal Indonesia yang masuk daftar. Namun, berdasarkan pemeringkatan Millward Brown, yang dipublikasikan Agustus 2015 lalu, Bank Central Asia (BCA) didaulat menjadi brand bernilai paling tinggi di Indonesia yakni 9,9 miliar dollar AS. "Keberhasilan BCA dalam meraih penghargaan ini merupakan hasil dari kerja keras dan komitmen keluarga besar BCA," tutur Suwignyo Budiman, Direktur BCA.
Asal tahu saja, ajang penghargaan Millward Brown ini baru pertama kali digelar di Indonesia. Millward Brown mengumpulkan 50 perusahaan Indonesia terbaik dengan mengombinasikan data yang mereka miliki dengan hasil survei konsumen.
Berikut Daftar 10 merek termahal dunia (miliar dollar AS)
Apple170,3 (elektronik dan komputer)
Google 120,3 (jasa dan produk internet)
Coca-Cola78,4 (minuman)
Microsoft67,7 (perangkat lunak komputer)
IBM65,1 (komputer dan teknologi Informasi)
Toyota49,0 (otomotif)
Samsung45,3 (elektronik)
GE42,3 (multi jasa dan teknologi)
McDonald39,8 (makanan dan minuman)
Amazon37,9 (e-commerce)
(Christine Novita Nababan/komtan.co.id)