Intisari-Online.com – Era digital telah mengubah gaya hidup dan kebiasaan banyak orang. Hampir semua kegiatan dapat dilakukan dengan bantuan teknologi sehingga masyarakat sangat bergantung pada berbagai gadget atau perangkat.
Saat membeli barang, misalnya, sebagian besar masyarakat lebih memilih untuk berbelanja online menggunakan ponsel di rumah karena dianggap mudah dan praktis.
Ketergantungan terhadap teknologi bisa dikatakan lebih sering dirasakan pada generasi yang tumbuh di era perkembangan teknologi. Misalnya, generasi Z atau Gen Z.
Generasi Z atau Gen Z merupakan kelompok usia yang lahir pada rentang tahun 1997 sampai 2012. Generasi ini juga kerap disebut sebagai digital native.
Baca Juga: 15 Pekerjaan Paling Populer di Kalangan ‘Gen Z’, Gajinya Mencapai Miliaran per Tahun
Selain andal dalam penggunaan teknologi, “tumbuh” bersama era digital juga membuat karakter Gen Z berbeda dari generasi-generasi sebelumnya.
Dalam hal berbelanja, misalnya, riset McKinsey pada 2019 menemukan bahwa hampir 40 persen Gen Z di Amerika Serikat membeli produk berdasarkan rekomendasi dari para influencer di media sosial.
Riset perusahaan perbankan investasi global Goldman Sachs juga mencatat bahwa sebagian besar Gen Z menghabiskan lebih dari 10 jam untuk online di akun media sosial mereka.
Selain dimanfaatkan untuk mencari informasi terbaru, platform media sosial kerap digunakan sebagai tempat berkomunikasi, berbagi foto, hingga membuat berbagai konten yang mampu menarik followers maupun viewers.
Baca Juga: Meski ‘Digital Native’, Gen Z Sangat Mementingkan Privasi di Media Sosial
Selain dua contoh di atas, Gen Z juga punya berbagai kebiasaan yang membedakannya dari generasi sebelumnya. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut beberapa contohnya.
Salah satu kebiasaan yang banyak dilakukan Gen Z adalah mengandalkan smartphone di segala kegiatan, mulai dari mencari hiburan, memesan transportasi online, hingga berbelanja.
Bahkan, sudah menjadi rahasia umum jika Gen Z selalu membawa smartphone ke mana saja, termasuk kamar mandi.
Perkembangan teknologi yang sangat cepat membuat berbagai merk gadget hadir dalam waktu bersamaan. Biasanya, gadget keluaran terbaru dilengkapi fitur yang lebih bagus dari model sebelumnya sehingga menjadi incaran banyak orang.
Tak heran, banyak Gen Z hobi gonta-ganti gadget dalam waktu singkat. Selain untuk mendapatkan gadget dengan kualitas yang lebih baik, kebiasaan ganti gadget dilakukan agar mereka tidak ketinggalan zaman.
Baca Juga: Apa Tantangan yang Dihadapi oleh Generasi Muda dalam Upayanya Melestarikan Tradisi Lokal?
Mengunjungi tempat yang sedang populer atau hits juga menjadi kebiasaan sebagian Gen Z. Apalagi, saat ini semua orang dapat mencari rekomendasi tempat, seperti kafe, restoran, dan tempat berkumpul terbaik dari media sosial.
Di tengah pesatnya perkembangan media sosial seperti saat ini, rasanya mustahil hanya mengakses satu atau dua media sosial.
Tak heran, Gen Z pada umumnya hobi membuat banyak akun media sosial. Mulai dari Facebook, Twitter, Instagram, TikTok, hingga media sosial terbaru seperti Mastodon dan Clubhouse.
Agar bisa up to date dengan berbagai info di media sosial, Gen Z pun ingin selalu terkoneksi dengan dunia digital. Apalagi jika hobi berpindah-pindah aplikasi, kuota internet yang tak terbatas akan dibutuhkan.
Untuk menunjang beragam aktivitas Gen Z selama berselancar di internet, AXIS meluncurkan paket internet baru, yaitu AXIS Warnet Unlimited.
Sesuai namanya, paket ini hadir dengan kuota unlimited dengan masa aktif selama 24 jam. Masa aktif tersebut disesuaikan dengan jam yang sama saat paket diaktifkan.
Kabar baiknya, paket #NonstopAntiNgedrop ini bisa dinikmati oleh semua pelanggan AXIS dengan mengaktifkan paketnya di aplikasi AXISNET. Harganya pun tergolong ramah bagi kantong, yakni hanya Rp 3.999 untuk satu kali pembelian.
Untuk meramaikan peluncuran paket ini, AXIS juga berkolaborasi dengan Feel Koplo dalam pembuatan jingle-nya. Untuk memperoleh informasi lebih lengkap, kunjungi laman AXIS di https://www.axis.co.id/produk/paket-internet/paket-warnet.
Penulis | : | Yussy Maulia |
Editor | : | Sheila Respati |
KOMENTAR