Tak Bisa Konsentrasi Kerja di Kantor? Berhenti Gunakan Media Sosial

Ade Sulaeman

Editor

Tak Bisa Konsentrasi Kerja di Kantor? Berhenti Gunakan Media Sosial
Tak Bisa Konsentrasi Kerja di Kantor? Berhenti Gunakan Media Sosial

Intisari-Online.com - Konsentrasi saat bekerja jelas sangat diperlukan. Sayangnya, banyak orang yang justru merasa kesulitan untuk berkonsentrasi saat menyelesaikan tugas.

Misalnya pada seorang pelajar, menurunnya konsentrasi bisa mengganggu nilai akademik maupun prestasi pendidikan. Begitu pula dengan pekerja yang akan mengalami penurunan kualitas kerja, termasuk produktivitas.

Seperti dikutip dari Boldsky.com, kehilangan atau kekurangan konsentrasi bisa disebabkan berbagai faktor, seperti kelelahan dan bosan dengan rutinitas sehari-hari. Namun, tanpa disadari, ada juga penyebab tak terduga yang bisa menurunkan konsentrasi. Apa saja itu?

1. Media sosial

Tanpa disadari, menggunakan media sosial secara berlebihan bisa membuat Anda sulit berkonsentrasi. Saat ini hampir semua pelajar dan pekerja menggunakan smartphone. Setidaknya, ada lebih dari dua media sosial yang digunakan.

Informasi menarik yang muncul di media sosial setiap detiknya bisa membunuh konsentrasi seseorang. Semakin Anda aktif, semakin sering pula interaksi di media sosial yang membuat Anda sulit berhenti.

2. Kelaparan

Merasa lapar juga bisa menjadi alasan utama menurunnya konsentrasi. Ketika kurang makan dan merasa lapar, konsentrasi akan beralih ke urusan perut. Banyak orang yang tidak bisa fokus mengerjakan tugas ketika merasa lapar.

Jangan lupa asupan nutrusi sehat, termasuk cukup minum untuk menjaga tingkat konsentrasi dalam menjalankan aktivitas sehari-hari.

3. Depresi

Stres, cemas, hingga depresi sangat bisa menghilangkan konsentrasi. Pikiran Anda akan disibukkan dengan permasalahan yang ada.

Ketika depresi, seseorang akan merasakan kesedihan mendalam dan umumnya kehilangan motivasi atau menarik diri yang pada akhirnya menghilangkan konsentrasi untuk melakukan sesuatu.

(Dian Maharani/kompas.com)