4 Fungsi Menarik Augmented Reality (1): Pendidikan yang Efektif dan Menarik

Bramantyo Indirawan

Editor

4 Fungsi Menarik Augmented Reality (1): Pendidikan yang Efektif dan Menarik
4 Fungsi Menarik Augmented Reality (1): Pendidikan yang Efektif dan Menarik

Intisari-Online.com – Pokemon Go menjadi sebuah tren yang memanfaatkan teknologi Augmented Reality (AR) dengan penggabungan dunia nyata dan dunia maya. Dalam prosesnya tren telah muncul dengan berbagai pengguna memainkannya di berbagai tempat melalui penggunaan GPS dan penangkapan monster AR.

Saat kita menangkap Pokemon, layar telepon kita akan memperlihatkan mahluk itu yang digabungkan dengan proyeksi kamera kita. Apabila kita berada di kamar mandi maka akan terasa seperti menangkap Pokemon di tempat itu. Secara kasat mata sepertinya AR hanya digunakan sebagai hiburan melalui kreativitas permainan.

Apakah benar fungsinya hanya terbatas pada hiburan? Ternyata tidak, AR sendiri memiliki berbagai keunggulan serta prospek menarik yang bisa kita pergunakan untuk berbagai hal, ingin tahu apa saja? Seperti yang dilansir dari t-immersion.com mari kita lihat fungsinya.

1. Dukungan virtual pada industri

Perkembangan teknologi AR pada industri dapat digunakan dalam berbagai sektor pembangunan.Contoh mudahnya adalah manajemen proyek dalam membangun dan konstruksi dapat lebih mudah serta aman apabila para manajer dapat melihat serta memonitor pekerjaan secara virtual.

Kegiatan itu tentunya terjadi secara langsung dengan penanda AR, ditempelkan di bagian atau alat yang sedang dibangun. Informasi dari bangunan yang ingin dibuat juga dapat dilihat melalui sinkronisasi kamera, lokasi, dengan peta digital.

2. Pendidikan yang efektif dan menarik

Apabila memberikan instruksi yang membutuhkan alat, demonstrasi yang sesuai menjadi kunci sukses untuk menjelaskannya dengan baik. Akan tetapi tidak semua alat dapat terjangkau, baik harga, akses, hingga situasi yang sulit untuk menunjukkanya. AR hadir sebagai solusi.

Kini, kemungkinan AR untuk menyediakan pembelajaran autentik yang berinteraksi dengan murid akan terlaksana dengan sebuah inovasi. Setiap murid akan mendapatkan pengalaman unik dalam pembelajaran melalui simulasi penggabungan dua dunia tanpa tekanan waktu. Selain itu, konsekuensi nyata seperti yang dapat terjadi dalam pelatihan ketrampilan dapat dihindari melalui proyeksi virtual.

Teknologi dapat mempromosikan pelatihan aktif baik dalam fisik dan juga psikologis. Hal itu mendorong pengguna untuk memiliki keragaman perspektif berpikir yang dapat mempersiapkan aktivitas sehari-hari mereka lainnya.

Ingin tahu dua fungsi lain selain untuk hiburan? Lihat bagian dua untuk jawaban serta penjelasannya.