Intisari-online.com—Tidak terpungkiri bahwa dalam lingkungan kerja akan ada pekerja yang karakternya menyedihkan. Bahkan, dalam komunitas pekerjaan ada orang-orang yang sebenarnya menjadi parasit bagi perusahaan. Masalahnya, hal ini sering tidak disadari.
Karyawan itu bukan berarti kinerjanya buruk, malas, dan tidak profesional. Namun bisa jadi terjadi ketidakcocokan dalam pekerjaan Anda dengan jenis, lingkungan, dan industri pekerjaan.
Agar Anda tidak menjadi salah satu karyawan yang seperti itu, mari cek tanda-tanda seseorang dikatakan tidak cocok dengan pekerjaannya:
7. Menyadari diri Anda tidak seproduktif rekan sekerja lainnya
Apakah semua teman kantor Anda orang yang sangat bertalenta dan keren? Bisa jadi tidak. Anda mungkin merasakan hal itu, karena Anda tidak bekerja serajin dan bersemangat seperti mereka.
8. Tidak cocok dengan siapapun di kantor
Mungkin benar, kalau teman-teman sekerja Anda tidak cocok diajak untuk bekerja sama. Namun, apakah Anda pernah berpikir bahwa mungkin saja Anda yang bersalah dalam hal ini?
9. Terlalu sering meminta maaf
Jika perbincangan sehari-hari Anda dengan atasan maupun rekan kantor adalah permintaan maaf, bisa jadi itu menunjukkan Anda benar-benar tidak cocok dengan pekerjaan itu.
Ketidakcocokan akan pekerjaan bisa jadi membuat Anda melakukan tindakan-tindakan yang menyebalkan.
10. Selalu menunggu waktu untuk keluar kantor sesegera mungkin
Apakah Anda selalu melihat jam untuk memastikan jam terbaik Anda bisa pulang? Bahkan Anda mencari-cari cara untuk mengalihkan tugas dan tanggung jawab? Wah, segeralah memikirkan kembali pekerjaan Anda ini. Seseorang yang tidak berkomitmen pada pekerjaannya menunjukkan ia tidak memiliki ketertarikan akan pekerjaan itu.
11. Sering mengajukan permintaan
Dalam negosiasi antar pekerja dan perusahaan, akan selalu ada penawaran demi kesejahteraan pekerja. Apakah Anda orang yang sangat mengejar hal terbaik yang dapat Anda terima? Hal tersebut memang baik, jika Anda juga bisa memberikan yang terbaik pula pada perusahaan.
Terlalu sering mengajukan permintaan tanpa memberi kontribusi yang besar bagi perusahaan, sama halnya dengan tidak menyadari tujuan dari bekerja itu sendiri.
12. Tidak menghargai pekerjaan sendiri
Anda mengerjakan segala pekerjaan Anda dengan baik, namun tidak menghargai hasil pekerjaan itu. Anda merasa biasa saja menjadi orang yang biasa-biasa saja. Mungkin bagi beberapa perusahaan, orang seperti Anda bisa dipertahankan. Namun jika terus berlanjut, ada kemungkinan Anda digantikan dengan orang yang lebih bergairah.
(businessinsider.co.id)