Advertorial
Cerita dan Foto oleh Reinard L. Meo
Intisari-Online.com -Gong atau gendang merupakan perkakas kebudayaan yang tentu tak asing, populer, sudah biasa, umum, juga mudah diidentifikasi. Dalam bahasa dan kebudayaan Bajawa - Ngada - Flores, perkakas yang saya maksudkan ini disebut Go Laba. Go artinya gong dan Laba artinya gendang. Di lingkup-lingkup kebudayaan lain, perkakas yang sama tentu saja memiliki sebutan, karakter, lengkap dengan filosofinya masing-masing.
Agaknya, asal-usul secara kronologis berkaitan dengan kapan dan di mana untuk pertama kalinya Go Laba dibuat atau dibunyikan, agak rumit untuk diurai. Orang-orang Bajawa hari ini, lahir dan hidup dalam kenyataan bahwa Go Laba sudah menjadi bagian dari indentitas mereka. Meski demikian, Go Laba tetap menarik untuk diselisik lebih jauh.
Go Laba berjumlah total delapan (8) buah. Lima (5) gong dan tiga (3) gendang. Gong 1 disebut wela, bernada sol. Pada setiap momen yang membutuhkan Go Laba, wela akan ditabuh paling pertama. Gong 2 disebut uto-uto, bernada fa, ditabuh beberapa saat sesudah wela. Gong 3 yang akan menyusul setelah uto-uto, disebut dhere, bernada mi. Tiga (3) gong ini, sejak awal sampai akhir, ditabuh secara konsisten dengan ketukan dan cara tabuh yang tidak berubah. Wela ditabuh dengan ketukan paling cepat, menyusul uto-uto, lalu dhere. Setelah dhere, dua gong (4 dan 5) yang sisa, disebut doa, bernada re dan do. Arti lain dari doa ialah saudara. Doa biasanya ditabuh oleh satu orang penabuh saja. Dijepit satu tangan lalu ditabuh dengan tangan yang sisa, atau digantung talinya di leher kemudian ditabuh berganti-gantian dengan kedua tangan. Oleh sebab itu, dua gong ini disebut doa, dua gong yang tak terpisahkan, bersaudara, juga cara tabuhnya lebih variatif dibanding wela, uto-uto, dan dhere.
Lalu, dua gendang kembar disebut laba wa’i. Wa’i artinya kaki. Gendang kembar ini berukuran ramping, hampir setinggi pusar laki-laki. Disebut laba wa’i karena berjumlah 2, sama seperti jumlah kaki, lalu dapat ditabuh oleh dua orang dengan cara berdiri.
Jari-jari kaki penabuh akan menjepit ujung bawah laba wa’i. Laba wa’i merupakan gendang kembar yang ditabuh secara amat unik. Kedua gendang ini memiliki kontribusi yang khas bagi keseluruhan Go Laba, karena diharuskan untuk ditabuh secara kreatif, sejak 5 gong telah dibunyikan.
Terakhir, laba déra, gendang pendek dan bulat. Meskipun dibunyikan paling akhir, laba déra merupakan yang paling ‘perkasa’, yang paling keras bunyinya, yang selanjutnya mengontrol 5 go dan 2 laba terdahulu. Laba déra memimpin dari belakang, model kepemimpinan yang melayani gaya klasik orang Bajawa.
Dari gambaran umum ini, apa kira-kira makna atau nilai yang dapat ditimba? Secara reflektif, Go Laba merupakan miniatur atau model kecil bagaimana sebuah tim bekerja sama. Lihat saja, wela tak akan memiliki makna apa-apa tanpa uto-uto atau dhere. Begitupun doa, sama sekali percuma tanpa gong dan gendang yang lain. Ini model kerja sama yang telah ada dan diwariskan sejak zaman leluhur orang Bajawa.
Sebagaimana jumlah gong dan gendang, begitu pula jumlah para penabuhnya. Dibutuhkan tujuh (7) laki-laki sebagai penabuh, baik laki-laki dewasa, remaja, maupun anak-anak (sesuai konteks momen yang dirayakan). Selain jumlah, tim penabuh diharuskan memiliki naluri kerja sama yang tinggi. Kerja sama tersebut dapat dimulai dengan konsistensi masing-masing penabuh. Karena pada umumnya wela, uto-uto, dan dhere dibunyikan dengan cara tabuh yang sama sejak awal hingga selesai, maka kreativitas sebesar-besarnya diharuskan bagi penabuh doa, laba wa’i, dan laba déra. Tanpa konsistensi dan kreativitas, kerja sama sebagai tim penabuh untuk menghasilkan bunyi Go Laba yang indah, harmonis, dan apik didengar, tak akan terwujud.
Go Laba hadir mengiringi penari tarian Ja’i, dan tak akan pernah mungkin dihasilkan Ja’i yang berkualitas tanpa Go Laba yang juga berkualitas. Ja’i selalu mengandaikan dan mengandalkan Go Laba.
Sebagai miniatur kerja sama dalam tim, Go Laba memiliki makna yang sebetulnya amat mendalam, yang tak akan pernah terpisahkan dari budaya dan derap langkah maju orang-orang Bajawa. Go Laba menandakan juga karakter-karakter dasar orang Bajawa yang penuh sukacita, berjiwa seni tinggi, peka terhadap nada-nada, lihai memainkan alat-alat musik tradisional juga modern yang berkembang belakangan ini.
Lebih dari sekadar kerja sama sebagai tim, Go Laba menunjukkan kesungguhan orang Bajawa dalam mengenang atau merayakan sebuah peristiwa dalam hidup sebagai ungkapan syukur pada Wujud Tertinggi. Itu sebabnya, Go Laba tidak dibunyikan kapan dan di mana saja, melainkan hanya pada momen-momen tertentu. Sebut saja, pada momen Ka Sa’o (renovasi dan peresmian ulang rumah adat), misa syukur Imam/Pastor baru, penjemputan pejabat pemerintahan atau petinggi agama, ulang tahun lembaga-lembaga tertentu, atau pada perlombaan antarsekolah dan saat ujian praktik seni budaya di sekolah-sekolah di Bajawa.
Go Laba merupakan juga perkakas budaya yang ternyata, dapat dijadikan tempat berguru. Dan dari makna-makna yang sudah disebutkan di atas, Go Laba sebetulnya merangkum satu hal penting yang dibutuhkan dalam hidup. Namanya, soliditas.
UNTOLD FLORES EXPEDITION merupakan perjalanan untuk menyingkap sejarah, budaya, alam, dan cerita manusia di Flores, Nusa Tenggara Timur. Tujuannya, membangkitkan gairah perjalanan wisata berbasiskan narasi tentang sebuah tempat, sekaligus membangun kesadaran warga dan pejalan tentang pentingnya memuliakan nilai-nilai kampung halaman. Perjalanan ini merupakan bagian penugasan National Geographic Indonesia,yang didukung oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia.
Artikel ini sudah tayang di nationalgerographic.co.id dengan judul "Go Laba, Soliditas Orang-orang Bajawa Membangun Kebersamaan".