Advertorial

Penting untuk Punya! Ini yang Bisa Dilakukan Media Sosial terhadap Karier Anda

Moh Habib Asyhad

Editor

Intisari-Online.com -Facebook, Twitter, Instagram, LinkedIn, setuju atau tidak, telah menjadi bagian dari kehidupan kita. Termasuk karier kita.

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) mengungkapkan, pengguna internet di Indonesia mencapai 63 juta orang, 95 persennya adalah pengguna jejaring sosial.

Tapi ironisnya, kebanyakan mereka menggunakan media sosial untuk sekadar update status, mengunggah foto, atau memberikan komentar pada postingan orang lain.

(Baca juga:Ni Nengah Widiasih: Kalau Gagal, Ya, Coba Lagi! Kalau Jatuh, Ya, Bangun Lagi!)

(Baca juga:Keren! Meski Punya Keterbatasan Fisik, Nur Ferry Berhasil Persembahkan 4 Emas Bagi Indonesia, Bahkan Memecahkan 3 Rekor)

Padahal dari jumlah pengguna yang besar, media sosial bisa dijadikan peluang untuk mengembangkan karier Anda.

Dilansir dari nytimes.com, empat media sosial ini bisa membantu pengembangan karier Anda:

1. LinkedIn

Kita bisa mengoptimalkan penggunaan LinkedIn sebagai alat untuk mengembangkan karier alih-alih sekadar sebagai mesin pencari kerja.

LinkedIn menawarkan berbagai fitur untuk tetap terhubung dengan profesional yang relevan terhadap bisnis Anda.

Yang mesti Anda lakukan adalah terus memperbarui profil profesional Anda.

2. Twitter

Dari Twitter, Anda dapat mengetahui perkembangan bisnis yang digeluti secara real-time.

Melalui kolom komentar, Anda juga dapat berinteraksi dan mengetahui reaksi masyarakat mengenai produk atau bisnis yang Anda kembangkan.

Untuk meningkatkan profil perusahaan, Anda dapat menggunakan hashtag popular yang relevan terhadap bisnis Anda.

Anda juga dapat mengikuti akun-akun pemilik industri untuk mencari pekerjaan.

(Baca juga:Kerahkan Jet Siluman Dalam Jumlah Besar, Sinyal Amerika Sedang Siapkan Serangan Dadakan Ke Korut)

(Baca juga:Kisah Pilu Marina Chapman: Dibuang ke Hutan, Dirawat Kera, Lalu Dijadikan Budak Seks)

3. Facebook

Tak pelak ini, ini adalah yang terbesar di antara media sosial lainnya. Tak heran banyak yang menggunakannya untuk meningkatkan kinerja bisnis.

Facebook live memungkinkan kita untuk mempromosikan secara langsung kepada dunia tentang acara dan bisnis yang sedang kita geluti.

Iklan di Facebook memungkinkan kita untuk menargetkan calon pelanggan dan klien sesuai target bisnis Anda.

Penggunaan Facebook untuk mencari pekerjaan bisa dimulai dengan mengikuti akun perusahaan yang diminati untuk mendapatkan infomasi tentang peluang kerja.

4. Instagram

Fitur dalam Instagram memungkinkan Anda untuk menceritakan bisnis dengan foto, teks, maupun video yang menarik.

Anda juga dapat mencari hashtag popular untuk membuat postingan bisnis Anda mudah ditemukan orang lain.

Mencari pekerjaan dengan Instagram dapat dilakukan dengan mengikuti akun Instagram perusahaan yang relevan dengan Anda.

Wah, ternyata banyak juga yang bisa kita lakukan dengan akun media sosial yang kita punya.

Sekarang, kita hanya perlu mengoptimalkan apa yang kita punya itu menjadi sebuah peluang baru untuk menunjang karier.

Artikel Terkait