Find Us On Social Media :

Penelitian: Anak yang Lahir di Bulan September Jauh Lebih Pintar, Setuju?

By Moh Habib Asyhad, Senin, 18 September 2017 | 16:20 WIB

Intisari-Online.com – Apakah Anda lahir di bulan September? Jika iya, ada kabar baik buat Anda semua.

Dilansir dari independent.co.uk, sebuah penelitian baru di Amerika Serikat yang diterbitkan di Biro Riset Ekonomi Nasional ingin melihat perkembangan kognitif siswa.

(Baca juga: Kisah Zariah, Bayi Prematur yang Lahir di Usia 6 Bulan dan Berhasil Bertahan Hidup hingga Ulang Tahun Pertamanya (3))

Pesertanya adalah lebih dari 1,2 juta siswa sekolah umum di Florida berusia antara enam sampai 15 tahun, yang semuanya lahir dalam bulan yang berbeda.

Hasilnya, mereka menemukan bahwa siswa yang lahir di bulan September, menempatkan mereka pada posisi pertama dalam hal urusan kognitif atau kepintaran.

Anak-anak yang lahir di bulan September mendapat rata-rata skor tahunan yang lebih tinggi daripada yang lahir pada bulan Agustus, yang berada urutan kedua.

Para periset mencatat bahwa peningkatan skor dapat dibangun dari waktu ke waktu. Tapi ada kemungkinan siswa yang lahir bulan September bisa masuk perguruan tinggi dengan baik.

Penelitian yang berjudul “School Starting Age and Cognitive Development” ini juga melihat faktor sosioekonomi lain yang mungkin berkonstribusi terhadap perkembangan anak di sekolah. Misalnya pendidikan ibu, etnis, dan kemakmuran.

(Baca juga: Wah, Menurut Sains, Wanita Yang Memiliki Bokong Besar Lebih Pintar dan Sehat)

Selain itu, penelitian ini juga menemukan bahwa anak yang lahir bulan September jauh lebih berperilaku baik dan jarang melakukan kenakalan.

Setuju dengan penelitian ini?