Find Us On Social Media :

Fitur iPhone X, Selangkah Lebih Maju, Namun Samsung Masih Di Depan

By Agus Surono, Sabtu, 16 September 2017 | 16:00 WIB

Intisari-Online.com – Belum lama Apple meluncurkan tiga telepon seluler: iPhone X, iPhone 8, dan iPhone 8 Plus.

Seperti biasa, produk-produk Apple begitu menohok mata dan mempesona. Sebagai produk unggulan adalah iPhone X (baca ten atau 10 dan bukan ex). Produk ini diluncurkan bersamaan dengan ulang tahun ke-10 Apple.

iPhone X oleh Tim Cook dikatakan sebagai "lompatan terbesar sejak iPhone muncul". Sayangnya, kita dapat menemukan fitur terbaiknya di banyak ponsel Android, termasuk beberapa yang dibuat oleh pesaingnya, Samsung.

Fitur utama X adalah layar "edge-to-edge", yang secara dramatis meningkatkan rasio layar-ke-body perangkat, membuatnya tetap kompak.

Ini adalah langkah desain yang sangat modern, yang telah mengubah tampilan iPhone menjadi lebih baik. Tanpa diragukan lagi, X adalah, versi iPhone yang paling menarik sejak iPhone 4, yang keluar kembali pada tahun 2010.

(Baca juga: 9 Keuntungan Apabila Kita Bekerja di Perusahaan Apple)

Akan tetapi, Samsung telah mendahuluinya melalui tiga ponsel dengan fitur serupa pada Galaxy S8, S8 Plus, dan Note 8.

Di samping iPhone X, S8, dan Note 8, iPhone 8 terlihat hambar. Beberapa sudut mengingatkan pada desain lawas seperti iPhone 6, yang dirilis pada tahun 2014. Tahun depan, iPhone 8 akan terlihat “tua”.

Dalam hal membuat ponsel berlayar semua (all-screen) di bagian muka, Samsung sebenarnya telah memukul dengan telak Apple. iPhone X – tak seperti S8, S8 Plus, dan Note 8, memiliki potongan yang tidak biasa - yang diapit dua "telinga" - di bagian atas layar, yang dapat menghalangi pengguna iPhone X saat menonton video dalam mode layar penuh.

Potongan itu juga mempersulit navigasi. Kita harus menggesek ke bawah dari “telinga” kiri untuk melihat notifikasi, dan dari “telinga” kanan untuk Control Center. Tidak terlalu intuitif.

Kembali ke tahun 2013, Tim Cook menggambarkan layar OLED - fitur pada ponsel Android terbaik, termasuk Note 8 dan LG V30 - sebagai "mengerikan", mencela soal saturasi warna dan kurangnya kecerahan. Namun, di iPhone X, Apple akhirnya melengkapinya dengan layar OLED.

iPhone 8 dan 8 Plus, sementara itu, cukup dengan LCD. Sudah jelas bahwa Apple sekarang menganggap OLED sebagai teknologi unggulan dibandingkan dua layar iPhone lainnya.

Namun, situasinya tidak sesederhana itu. Bahkan saat ini, setelah diluncurkan, Apple masih berjuang untuk memproduksi iPhone X karena Samsung dilaporkan merupakan satu-satunya pemasok OLED display Apple.