Find Us On Social Media :

Mulai dari Sesak Napas Hingga Pusing Berlebihan Inilah 7 Tanda Anda Berisiko Terkena Gagal Jantung

By Agus Surono, Rabu, 13 September 2017 | 15:30 WIB

Intisari-Online.com - Gagal jantung memang beda dengan serangan jantung. Namun akibatnya bisa sama-sama fatal.

Serangan jantung tiba-tiba terjadi karena penyumbatan atau bekuan darah yang menghentikan aliran darah ke jantung, sedangkan gagal jantung adalah melemahnya otot jantung selama periode waktu tertentu karena berbagai alasan seperti kebiasaan gaya hidup yang buruk, penyumbatan pada arteri atau karena “penyakit” gaya hidup seperti diabetes, tekanan darah tinggi, penyakit ginjal, obesitas, dll.

Seseorang yang mengalami gagal jantung bukan berarti jantungnya telah berhenti bekerja, melainkan daya pompa jantungnya menjadi lemah.

Karena itu mereka yang mengalami kondisi ini membutuhkan pengobatan untuk memperlambat perburukan penyakit serta mengontrol gejala selama mungkin.

Pada sebagian besar kasusnya, gagal jantung merupakan kondisi seumur hidup yang tidak dapat sembuh sepenuhnya.

Dalam kasus demikian, penanganan yang terdiri dari kombinasi obat-obatan, peralatan penopang jantung, dan operasi perlu dilakukan sesuai dengan keadaan penderita.

Agar terhindari dari gagal jantung, kenali tujuh tanda berikut ini.

(Baca juga: Gagal Jantung, Penyakit Jantung yang Bisa Sebabkan Kematian pada Usia Muda)

Sesak napas: Jika terengah-engah dan tersengal-sengal setelah berjalan, kita harus khawatir tentang kesehatan jantung kita.

Hal ini bisa disebabkan oleh kemampetan paru-paru yang menyebabkan sesak napas, tanda awal yang sangat umum dari gagal jantung.

Kaki dan pergelangan kaki bengkak: Karena otot jantung menjadi lemah dan gagal memompa darah secara efektif, hal itu akan mempengaruhi organ penting lain serta fungsinya.

Seperti, ginjal merespons dengan menahan cairan dan garam di dalam tubuh.

Hal ini menyebabkan cairan terbentuk di lengan, kaki, pergelangan kaki, kaki, paru-paru, atau organ lainnya dan seluruh tubuh menjadi sesak.