Find Us On Social Media :

Pasangan yang Namanya Digunakan sebagai Nama Badai ini Merayakan Ulang Tahun Pernikahan ke-75, So Sweet!

By Moh Habib Asyhad, Sabtu, 9 September 2017 | 12:00 WIB

Intisari-Online.com – Harvey dan Irma Schluter telah menikah selama 75 tahun.

Saat ini Harvey berusia 104 di bulan Juli lalu, dan Irma akan berusia 93 di bulan November yang akan datang.

Mereka dengan jelas mengingat banyak peristiwa besar abad ke-20, dari saat pertama kali ditemukannya sebuah pesawat terbang, selama masa Depresi Besar, keajaiban menyaksikan Neil Amstrong berjalan di bulan.

(Baca juga: Mengapa Badai-badai Ini Dinamai Secara Alfabetis? Ada Harvey, Irma, Lalu Jose)

Irma bahkan mengingat cuaca yang dingin dan mendung di dekat rumahnya di Spokane, Washington, pada hari pembunuhan Presiden John. F. Kennedy.

Tapi, mereka tidak tahu mengapa nama mereka menjadi nama dua badai besar yang mengancam Amerika Serikat.

“Saya tidak tahu bagaimana mereka dinamakan Harvey dan Irma,” kata Irma.

Sebenarnya penjelasannya sederhana. Sejak tahun 1979, Organisasi Meteorologi Dunia telah mengganti dengan nama pria dan wanita untuk badai tropis yang lahir di atas Atlantik.

Enam daftar nama disimpan dan digunakan secara bergiliran. Jadi nama badai kecil tahun 2017 akan muncul lagi pada tahun 2023. Hanya badai  yang mahal atau cukup mematikan untuk diingat, maka namanya dipensiunkan.

Nama Harvey pertama kali digunakan sebagai nama badai pada tahun 1981, dan enam badai lainnya memiliki nama itu.

Angin kencang yang mengikuti Harvey setiap enam tahun, kemudian disebut Irene. Namun, pada 2011, badai Irene menghancurkan Kepulauan Karibia dan banyak kota di Pantai Timur, sehingga nama tersebut dipensiunkan.

Nah, mengingat keganasan badai Harvey dan Irma pada tahun 2017, rasanya ini akan menjadi pertama dan terakhir nama mereka muncul bersamaan.

Sementara, pasangan Schluters ini telah muncul bersama sejak tahun 1940-an, ketika Harvey mengunjungi saudaranya di sebuah dupleks di Spokane dan bertemu Irma, yang tinggal bersama saudara perempuannya di apartemen di bawah saat ia bersekolah SMA.