Find Us On Social Media :

Usut Kasus Korupsi, Jurnalis Wanita Ini Diperkosa dan Dibunuh

By Mentari DP, Senin, 12 November 2018 | 16:30 WIB

Intisari-Online.com – Kisah tewasnya jurnalis Jamal Khashoggi masih menjadi berita hangat di media internasional.

Diketahui, Khashoggi dilaporkan menghilang selama lebih dari pekan setelah masuk ke gedung konsulat Arab Saudi di Istanbul, Turki.

Setelah ada banyak tuntutan dari keluarga dan juga masyarakat, pada Sabtu (19/10/2018), pemerintah Arab Saudi mengklaim bahwa Khashoggi tewas.

The Independent mengabarkan seperti dilansir dari kompas.com, pernyataan itu disiarkan melalui saluran televisi yang dikendalikan pemerintah Al-Akhbariya, pada Sabtu (19/10/2018).

Baca Juga : Akui Miliki Bukti Pembunuhan Khashoggi, Turki Telah Bagikan Rekaman Pembunuhan Kepada Sejumlah Negara

Menurut otoritas Arab Saudi, Khashoggi tewas setelah bertikai dengan orang-orang yang ia temuinya di gedung konsulat pada 2 Oktober 2018.

"Pembicaraan antara Jamal Khashoggi dan orang-orang yang ditemuinya di konsulat kerajaan di Istanbul, berubah menjadi pertikaian, yang menyebabkan kematiannya," demikian laporan dari Saudi Press Agency, mengutip jaksa penuntun umum.

Diwartakan AFP, Kerajaan Saudi juga mengumumkan sejauh ini ada 18 orang yang telah ditangkap dalam penyelidikan yang sedang berlangsung.

Beberapa orang mengatakan Putra Mahkota Pangeran Mohammed bin Salman terlibat dalam kasus ini. Namun belum ada bukti.

Apalagi alasan kematian Khashoggi masih belum jelas.

Namun beberapa menyakini kematian Khashoggi dikarenakan dia sering menulis berita yang memberatkan Arab Saudi.

Diketahui Jamal Khashoggi meniti karier sebagai seorang reporter ketika dia sudah berteman dengan Osama bin Laden.

Dari luar negeri, Khashoggi menyebarkan pandangan kritis terhadap pemerintah Saudi lewat kolomnya di koran Amerika Serikat, Washington Post, dan akun Twitternya yang sangat populer dengan lebih 1,6 juta pengikut.

Dan belum genap sebulan pasca laporan kematiannya, seorang jurnalis lainnya dilaporkan dibunuh.

Baca Juga : Khashoggi Dimutilasi Diduga Karena Tahu Arab Saudi Pakai Senjata Kimia di Yaman

Dilansir dari kompas.com pada Jumat (9/10/2018), seorang jurnalis perempuan di Bulgaria diperkosa dan dibunuh karena menyelidiki kasus korupsi yang melibatkan dana Uni Eropa (UE).

Jenazah Viktoria Marinova ditemukan di sekitar trek jogging sekitar Sungai Danube di kota Ruse Sabtu pekan lalu (6/10/2018).

Dari hasil pemeriksaan, jurnalis televisi lokal TVN itu diperkosa dan disiksa sebelum dibunuh dengan luka di bagian kepala dan dicekik.

Jaksa Penuntut Ruse Georgy Georgiev dikutip Sky News pada Senin (8/10/2018) berkata ponsel, kacamata, kunci mobil, dan beberapa pakaiannya hilang.

Pakar kriminologi berpengalaman kepada media lokal, kematian Marinova mengejutkan. Pasalnya kota itu tak pernah mendapat kasus pembunuhan yang terbilang brutal.

Sebelum dibunuh, jurnalis berusia 30 tahun itu sempat membawakan acara bernama Detector yang mengudara pada 30 September lalu.

Dalam acara itu, Marinova mewawancarai jurnalis investigasi Dimitar Sotyanov dari situs Bivol.bg dan Attila Biro dari Proyek Pengembangan Romania.

Dalam wawancara tersebut mereka membahas dugaan penipuan dana UE yang melibatkan pengusaha besar dan politisi di Bulgaria.

Baca Juga : Turki Minta 18 Tersangka Pembunuhan Jamal Khashoggi Diekstradisi, Arab Saudi Keras Menolak, Apa Alasannya?