Find Us On Social Media :

Yuk Mengeksplorasi Desa Mawlynnong yang Dianggap sebagai Desa Terbersih di Asia

By Moh Habib Asyhad, Senin, 4 September 2017 | 17:00 WIB

Intisari-Online.comDesa Mawlynnong merupakan sebuah desa di distrik Khasi Hills Timur di negara bagian Meghalaya, India.

Pada 2003, desa Mawlynnong diberi label sebagai “desa terbersih di Asia” dan desa terbersih di India oleh Majalah Discover India.

(Baca juga: Wajib Bangga! Desa Penglipuran di Bali Masuk Tiga Desa Terbersih di Dunia)

Baru-baru ini, perdana menteri Shri Narendra Modi meluncurkan kampanye "Clean India Mission" pada bulan Oktober 2014. Desa Mawlynnong jadi rujukannya.

Sejak saat itu, banyak media massa internasional, seperti BBC dan Lonely Planet, yang datang mengekplorasi desa ini.

Sekilas, desa ini tampak sama dengan desa lainnya di India ataupun di negara lain. Namun jika diperhatikan lebih detail, ada banyak keranjang sampah bambu berbentuk kerucut di setiap jalan.

Tujuannya satu, memastikan tidak ada sampah dibuang sembarangan.

Penduduk setempat cukup cerdas untuk mengenali peluang bisnis. Mereka pun mengubah desa mereka ini menjadi model pariwisata bagi seluruh desa di negara Asia Timur ini.

Lalu memasang pagar bambu di setiap rumah, menjaga taman agar selalu rapi, sampai banyaknya bunga yang bermekaran.

Setiap harinya, sekitar pukul 06:30, anak-anak desa menyerbu jalan-jalan. Mereka menyapu daun dan sampah sebelum berangkat sekolah.

Sampah organik dipisahkan dari tempat sampah yang mudah terbakar. Sementara daun dan limbah lainnya dikuburkan dan akhirnya menjadi pupuk.

(Baca juga: Pernah Alami Tingkat Korupsi yang Kronis, Hongkong Kini Jadi Salah Satu Negara ‘Terbersih’ di Dunia)

Pada akhirnya, mereka telah menciptakan sebuah desa yang cantik dengan orang-orang yang berhati cantik juga. Bersih, tenang, dan jauh dari yang namanya kekacauan.