Find Us On Social Media :

Lotus yang Suka Mengecoh, Selalu Dibikin Galau oleh Ulat dan Belalang

By Moh Habib Asyhad, Senin, 4 September 2017 | 16:40 WIB

Intisari-Online.com – Bunga yang satu ini enak dipandang. Wajar kalau banyak yang menjadikannya sebagai tanaman hias air.

Kabarnya juga berkhasiat, sehingga orang pun menjadikannya sebagai obat herbal.

Celakanya, menyebut namanya membuat orang terkecoh dengan tanaman serumpun.

Rasanya, tak terlalu mengherankan kalau ada orang yang berselisih paham saat menyebut tanaman lotus. Bisa antarteman, bisa pula antara pedagang bunga dan pembelinya.

Bahkan, antara orang awam dengan peneliti. Tanaman yang dimaksud masing-masing pihak memang tak terlalu jauh. Sama-sama tanaman berbunga indah dan berhabitat air.

Tetapi lotus yang mereka maksud tetap saja berbeda.

Bukan seroja

Memang, begitu terucap nama lotus, orang bisa menjadi bingung. Ada yang menyalahartikan lotus sebagai lotus hindu dan lotus cina (nama latinnya Nelumbo speciosum atau Nelumbo nucifera).

Tumbuhan ini dikenal dengan sebutan lily suci atau kacang phytogorean. Di beberapa daerah juga dikenal dengan sebutan “lotus”, sama seperti sebutan para pedagang bunga.

Sementara, namanya dalam bahasa Indonesia adalah seroja.

Kampung halaman tanaman ini di daratan Asia. Lalu, ia menyebar hampir ke seluruh daerah tropis. Si lily suci ini termasuk herba air menahun. Daunnya membundar atau elips membundar dengan tepi daunnya mengutuh.

Daun ini berada di atas permukaan air, ditopang batang yang tegak berdiri. Garis tengahnya 20 – 60 cm. Bunganya yang berwarna merah jambu juga disangga batang yang tegak berdiri, sejajar dengan posisi daun.

Saat mekar, garis tengahnya sekitar 15 – 25 cm. Bunga ini menyenangkan bila didekati, karena harum baunya.